5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Kamu yang Tidak Suka Matematika

Ada siswa secara khusus mencari jurusan kuliah yang tidak memiliki pelajaran matematika. Matematika memang berkaitan dengan hitung-hitungan. Namun tidak usah galau bila kamu termasuk pelajar yang tidak terlalu suka dengan kegiatan hitung-menghitung.

Tenang, kamu tidak sendirian.

Alasannya kenapa kamu tidak suka Matematika pastinya beragam. Mulai dari malas hitung-menghitung, sering mendapatkan nilai merah, atau karena menilai mata pelajaran satu ini dirasa memang sulit.

Kalau kamu berencana ingin melanjutkan perkuliahan dan rasanya tidak ingin lagi bertemu dengan pelajaran Matematika, pilhan jurusan kuliah apa yang sebaiknya dipilih?

Ternyata ada pilihan jurusan yang tidak berkaitan dengan Matematika/hitung-menghitung. Berikut 5 jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi ini lebih banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dibandingkan matematika. Pelajaran yang nantinya akan kamu dapatkan yaitu seputar tentang cara berkomunikasi antara kamu dengan orang lain, kamu dengan golongan, dan kamu dengan kelompok.

Baca juga: 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS Lengkap-dengan Prospek Kerja

Pada intinya, pada jurusan ini akan mengasah kamu untuk lebih banyak berbicara dan berani berbaur kepada banyak orang untuk berkomunikasi.

Mata kuliah didapatkan: Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Psikologi Komunitas, Metode Penelitian Komunikasi, Pengantar Jurnalistik, dan sebagainya.

Prospek pilihan karier: Public Relation/Humas, Juru Bicara, Pelayanan Konsumen, Penyiar, Jurnalis, Konten Kreator, Tenaga Pengajar, Editor, Penulis, dan Telemarketing.

2. Ilmu Hukum

Seperti namanya, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum, baik praktik maupun teori. Kamu akan mendapatkan pelajaran hukum-hukum yang dapat mengatur bagaimana sesorang bertindak dan bertingkah laku agar tidak merugikan orang di sekitanya.

Nantinya, kamu tidak hanya mendapatkan teori dan konsep saja, tetapi juga akan melaksanakan praktiknya. Saat nanti kamu berada di semester akhir, kamu akan melakukan kerja praktik di perusahaan/lembaga yang berhubungan dengan hukum, seperti firma hukum, dan kejaksaan/pengadilan.

Mata kuliah didapatkan: Pancasila, Ilmu Negara, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Hukum Pidana dan Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, dan sebagainya.

Prospek pilihan karier: Konsultan Hukum, Staf Legal, Notaris, Staf HRD, Diplomat, Hakim/Jaksa, Staf Kementrian, Dosen, dan Pengamat Politik.

3. Ilmu Sejarah

Untuk kamu yang tidak suka hitung-menghitung dan suka kegiatan menghafal, jurusan ini bisa cocok untuk kamu. Di Jurusan Sejarah, nantinya kamu akan banyak menghafal tentang suatu peristiwa, tanggal-tanggal peristiwa dan berbagai tokoh-tokoh yang ikut dalam kejadian peristiwa tersebut.

Kamu tidak hanya menghafal saja, tetapi juga akan mendapatkan teori tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau. Mulai dari sejarah zaman kuno, seperti Mesir, Yunani, India yang dimulai sebelum masehi hingga ke masa modern di atas abad 20.

Baca juga: 7 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Mata kuliah didapatkan: Pengantar Ilmu Sejarah, Geografi Sejarah, Sejarah Indonesia, Sejarah Dunia, Sejarah Militer Indonesia, Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Bahasa Sumber Sejarah dan masih banyak lagi.

Prospek pilihan karier: Sejarawan/Pengamat Sejarah, Tenaga Pengajar, Pemandu Wisata Bersejarah, Pegawai Balai Konservasi Cagar Budaya, Peneliti Sejarah, Kolektor Benda Antik, dan Penulis Buku/Film Bersejarah.

4. Filsafat

Filsafat merupakan ilmu yang berbeda dari jurusan lain lho, mengapa? Karena Filsafat merupakan suatu ilmu yang merupakan induk dari semua ilmu. Ilmu Filsafat lebih mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita. Berbeda dengan jurusan pada umumnya yang menekankan ilmu praktis dan bersifat pragmatis.

Nantinya, kamu akan mempelajari hal-hal yang bersifat esensial atau mendasar seputar permasalahan tujuan hidup, esensi manusia, moralitas dan hati nurani. Kamu juga nanti akan mempelajari kaitannya Ilmu Sejarah yang ada pada Ilmu Filsafat.

Mata kuliah didapatkan: Sejarah Filsafat Manusia, Sejarah Filsafat Yunani, Sejarah Filsafat Abad Pertengahan, Epistemologi, Kebudayaan Indonesia, Logika, Filsafat Islam, Estetika, Sejarah Filsafat Kontemporer dan masih banyak lagi.

Prospek pilihan karier: Konsultan Rekrutmen Perusahaan, Dosen Filsafat, Tokoh Agama, Eksekutif Pemasaran, Psikoterapis dan Penulis Buku.

5. Jurusan Antropologi

Ilmu Antropologi terbagi dua, yaitu Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya. Antropologi Fisik ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang ciri-ciri fisik dan forensik. Sedangkan Antropologi Budaya adalah suatu ilmu yang fokus mempelajari interaksi dan hubungan antar manusia.

Nah, jurusan ini cocok buat kamu yang suka mempelajari budaya yang ada di suatu masyarakat, unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia, dan seluk-beluk kehidupan di masyarakat.

Mata kuliah didapatkan: Antropologi Pariwisata, Antropologi Ekologi, Antropologi Hukum, Studi Gender, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Folklore, dan sebagainya.

Prospek pilihan karier: Etnografi Pemasaran, Juru Arsip, Ahli Antropologi, Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), Tenaga Pengajar, Staf Penelitian dan Pengembangan, dan Konsultan Masyarakat.

Sumber:Kompas.com