5 Kegiatan Seru yang Tak Boleh Kamu Lewatkan di Bangku SMA

Buat kamu yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas ( SMA) akan sangat menyenangkan kalau masa SMA-mu diisi dengan kegiatan bermanfaat.

Kamu bisa loh tetap bermain sambil menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman selama belajar di tingkat SMA.

Setelah lulus SMA, tentu tanggung jawab akan semakin berat dan banyak. Namun, jangan khawatir dan patah semangat.

Ada lima kegiatan seru bisa kamu ikuti selama di SMA. Cek yuk!

1. Belajar

Belajar itu seru kok. Kamu bisa mulai belajar secara konsisten sejak kelas X.

Sulitnya masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri (PTN) apalagi jurusan-jurusan favorit sudah jadi rahasia umum. Kamu bisa mempersiapkan sejak kelas X sambil memetakan minat, bakat, potensi, dan pelajaran-pelajaran yang ingin kamu tekuni.

2. Berorganisasi

Selain belajar, kamu juga mesti coba ikut berorganisasi di tingkat SMA seperti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah).

Kamu bisa menemukan kegiatan-kegiatan seru yang biasanya diselenggarakan sekolah melalui OSIS. Kamu bisa belajar manajemen waktu, kepemimpinan, berkomunikasi, toleransi antarteman, dan berbagai keuntungan lainnya.

3. Aktif ekstrakurikuler

Nah, aktif di kegiatan ekstrakurikuler itu sama asyiknya seperti ikut OSIS. Kamu bisa memilih beragam ekstrakurikuler yang sesuai dengan jiwa atau minat kamu.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti membuat tubuh lebih bugar, mendukung kemampuan belajar, menambah teman, bahkan jalan-jalan keliling Indonesia maupun luar negeri saat ikut ekstrakurikuler.

Kamu bisa memilih sederet ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah seperti Palang Merah Indonesia, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Siswa Pencinta Alam (Sispala), beladiri, tari tradisional maupun modern, Pramuka, musik, dan lainnya.

4. Ikut kompetisi atau lomba

Pernahkah kamu dengar Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Literasi Sekolah (FLS)? Ya, itu adalah beberapa kompetisi yang biasanya diadakan di sekolah-sekolah.

Kamu bisa mengikuti ajang-ajang kompetisi yang ada di dalam maupun luar negeri untuk menjadi wadah pembuktian kemampuan diri sendiri baik seni, olahraga maupun akademik.

Jadi siswa berprestasi yang membanggakan sekolah, orangtua, daerah, bahkan Indonesia adalah hal yang mengasyikkan bukan?

Apalagi kalau kamu bisa mewakili Indonesia di tingkat internasional.

5. Mencoba pertukaran pelajar

Buat kamu yang ingin mencoba liburan gratis ke luar negeri, mengikuti pertukaran pelajar bisa jadi solusi nih. Biasanya beberapa lembaga, institusi, maupun pemerintah menawarkan program pertukaran pelajar ke negara-negara tertentu dengan gratis.

Namun, bukan jalan-jalan gratis. Kamu tetap harus sekolah dan ikut memperkenalkan budaya Indonesia di tempat kamu belajar. Asyik kan? Kamu bisa memilih lama program pertukaran pelajar mulai dari 3-12 bulan. Negara tujuan pertukaran pelajar beragam mulai dari Asia bahkan hingga Amerika.

Itulah lima kegiatan yang kamu mesti coba saat di SMA. Semoga masa SMA-mu indah dan selalu dikenang hingga dewasa nanti yaa. Namun perlu kamu ingat bahwa meskipun kamu banyak kegiatan, belajar tetap menjadi yang utama.

Nah, agar sekolahmu tidak tertinggal meski kamu memiliki segudang aktivitas, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Berprestasi guna mengatasi kerumitan sekolahmu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam mengerjakan soal, kamu dapat menggunakan fitur MyAsk, dimana pertanyaan kamu akan dijawab oleh tenaga professional kami sehingga kebenarannya akan dijamin 99% benar.

Sumber: Kompas.com