Wanita Berbadan Kuda hingga Kesurupan, Ini 5 Kisah Sekolah Paling Angker!

Kalian boleh nggak percaya. Sekolah yang ramai pun bisa menyimpan banyak kisah horor nan angker. Tak terhitung saksi yang menceritakannya. Tentang makhluk tak kasat mata, juga sejarah cerita tragis di baliknya.

Banyak sekolah yang sebenarnya sudah berdiri hingga ratusan tahun. Atau sebelum sekolah itu ada, bangunannya sudah dipakai di zaman penjajahan. Ada yang menjadi penampungan, lokasi tahanan, hingga tempat pembantaian. Waduh, memangnya sekolah apa aja ya itu?

Yuk simak lima lokasi sekolah yang paling menyeramkan di Indonesia, beserta kisah lengkapnya. Yang terakhir ada cerita dari narasumber yang mengalami sendiri lho, ikuti sampai habis ya!

1. Hantu Mbak Yayuk Yogyakarta

Papan sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta,yang dipercaya memiliki sejumlah kisah angker

Kisah sekolah angker pertama yang akan kita bahas adalah SMA Negeri 1 Yogyakarta. Lokasinya berada di kecamatan Wirobrajan. Sekolah ini terkenal punya segudang prestasi. Tingkat nasional maupun internasional. Ia juga menjadi sekolah favorit di kotanya.

Walau begitu, konon ada sosok hantu di sekolah itu yang dikenal dengan nama Mbak Yayuk. Kabarnya, dulu ia adalah murid SMAN 1 Yogyakarta. Yang juga terkenal pintar dan berprestasi.

Suatu saat, ia ternyata hamil di luar nikah. Yayuk pun merasa sangat malu atas apa yang ia perbuat. Sehingga akhirnya bunuh diri dengan cara gantung diri. Waduh duh, dari pada melakukan hal yang kurang baik begitu, mending Mbak Yayuk ajarin kita pelajaran IPA ya guys?

Sampai hari ini, katanya sosok Mbak Yayuk sering terlihat di lorong sekolah itu. Yang bikin bulu roma meremang, dulu ia punya lagu klasik kesukaan. Yang semasa hidupnya sering didengar. Yaitu Fur Elise gubahan Beethoven.

Maka ketika kamu datang ke lorong sekolahnya, apalagi sendirian malam-malam, kemudian menyetel lagu ini…

Dia bakal ada di belakangmu.

Simak juga: Lagu-lagu ini Dibuat Kecerdasan Buatan

2. Suster Ngesot Tarakanita Jakarta

Lorong sekolah SMA Tarakanita Jakarta, yang dipercaya memiliki sejumlah kisah seram

Kita beralih dari DI Yogyakarta ke DKI Jakarta, guys. Sekolah kejuruan ini adalah satu dari sekian SMK yang paling tua di Indonesia. Dibangun pertama kali pada 1962, sekolah ini juga punya segudang prestasi yang cukup membanggakan.

Namun menurut beberapa sumber, SMA yang lokasinya berada di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini sempat menggegerkan media massa. Sebab sempat ada kejadian kesurupan massal!

Nggak cuma itu. Katanya kerasukan memang sering terjadi, meskipun tidak semassal itu. Wah, ada apa ya dengan sejarah sekolah ini?

Yang acap kali terlihat oleh para murid dan staf sekolah ialah sosok berwujud suster yang berjalan dengan tangan di lantai, alias ngesot. Biasanya ia berkeliaran di malam hari dan memunculkan diri saat para murid berkegiatan ekstrakurikuler hingga petang.

Kisah horor Suster Ngesot sampai menjadi inspirasi untuk sejumlah film layar lebar. Pertanyaannya, kenapa nggak ke rumah sakit aja sih, Sus?

Baca juga: Kenapa Kita Perlu Sekolah?

3. Hantu Nancy Bandung

Gedung sekolah SMAN 3 & 5 Bandung, yang dipercaya memiliki sejumlah kisah seram

150 km dari Jakarta, ada dua sekolah SMA Negeri yang juga dikenal memiliki kisah angker, yakni SMAN 3 dan 5. Kedua tempat anak-anak Sunda menimba ilmu ini merupakan sekolah panutan di Bandung. Banyak murid SMP di sana yang mengidamkan untuk masuk ke kedua SMA ini.

Namun selain terkenal dengan prestasinya, banyak yang menceritakan bahwa di dua sekolah ini pernah ada sejumlah cerita seram. Di antaranya, seringkali terdengar seperti langkah tentara. Yang bergegas masuk kala matahari menjelang terbenam.

Ada juga bangku kosong yang katanya beberapa kali terlihat ada muridnya, tetapi tidak ada yang kenal dan tiba-tiba menghilang begitu saja. Atau ada juga yang melihat jendela kelas tiba-tiba terbuka sendiri.

Yang paling terkenal adalah hantu bernama Nancy. Banyak yang bilang wujudnya seperti noni Belanda berparas cantik. Dulu ia merupakan siswi di SMAN 5, namun bunuh diri dengan lompat dari tangga. Kabarnya, ia depresi karena hubungan spesialnya nggak mendapat restu dari orang tuanya.

Kasihan ya guys, barangkali orang tuanya nggak setuju karena yang disukai Nancy itu nilai Matematikanya jelek? Hmm.

Artikel Terkait: Hard Skill dan Soft Skill: Lebih Penting Mana?

4. Pohon Kerajaan Hantu di Semarang

Lorong sekolah SMAN 1 Semarang, yang dipercaya memiliki sejumlah kisah seram

Mungkin kalian sudah pernah dengar urban legend di Lawang Sewu Semarang. Yang dulu sempat jadi lokasi terakhir uji nyali program Dunia Lain, sebelum diboikot tanpa alasan jelas. Kali ini kita akan membahas kisah sekolah yang tak kalah angker di Semarang.

Tak jauh dari Lawang Sewu, ada sekolah yang tak juga kalah seram yaitu SMA Negeri 1 Semarang. Ia berdiri dari 1939, sehingga masih mengalami zaman penjajahan Belanda di Indonesia dahulu.

Berulang kali terdengar cerita angker di tempat itu dari warga sekitar. Mulai Kuntilanak Merah yang menghuni salah satu kelas, suster ngesot yang mondar-mandir di lorong sekolah, dan berbagai kisah horor lainnya.

Yang paling terkenal, beberapa pernah melihat sosok gadis di area belakang sekolah. Kalau cantik masih mending, tapi yang ini berlumuran darah, hih!

Orang-orang yang familiar dengan kondisi sekolah ini meyakini bahwa yang membuat sekolah ini angker karena adanya pohon sipeas besar yang tumbuh tinggi di sana. Menurut mereka, di situ berdiri kerajaan hantu. Waduh, jangan-jangan itu kerajaan Sunda Empire?

Berita lainnya: Apa yang Sesungguhnya Terjadi Ketika Kita Bermimpi?

5. Misteri Lantai Merah dan Noni Bertubuh Kuda Malang

kisah angker lantai bercak merah dan terowongan di bawah sekolah tugu malang

Kata orang bijak, “Save the best for the last”. Kini kita sampai di lokasi sekolah dengan kisah paling angker dalam pembahasan kali ini. Yaitu SMA Tugu Malang.

Menariknya, ada narasumber yang tidak ingin disebut namanya dulu juga bersekolah di sini, dan mengalami kisahnya sendiri lho. Penasaran? Sabar dulu, kita bahas satu per satu.

Sekolah ini terdiri dari tiga SMA Negeri yaitu SMAN 1, 3 dan 4. Mereka memiliki satu hall utama yang sama dan tergabung menjadi satu. Biasanya dipakai secara bergantian untuk kegiatan masing-masing sekolah.

Menurut legenda yang diceritakan kakak kelas narasumber, di bawah hall itu ada suatu terowongan yang bersambung sampai ke stasiun kereta tak jauh dari sana.

Sebelum menjadi sekolah, dulu tempat itu adalah lokasi pengungsian warga lokal untuk menghindari penjajah. Untuk berjaga-jaga, dibangun terowongan itu supaya kalau ketahuan bisa kabur ke stasiun.

Lokasi mereka akhirnya benar-benar ketahuan. Hanya sedikit yang bisa melarikan diri melalui terowongan, yang lainnya dibunuh semua sebelum bisa kabur. Seramnya, ubin-ubin berwarna kuning di sana banyak yang dipenuhi dengan bercak merah tua.

Ada yang bilang itu bekas pembantaian, atau kebakaran gedung. Ubin-ubin itu pernah diganti dengan yang baru, tetapi bercak-bercak itu muncul lagi. Sudah berulang kali dipel dan dibersihkan, tetap saja noda itu tidak hilang.

Mungkin karena terasa mengganggu, akhirnya sewaktu narasumber duduk di kelas dua, ubin-ubin itu ditumpuk dengan lantai keramik. Sejak itu noda itu tidak pernah muncul kembali.

Ubin bercak merah sebelum ditumpuk dengan lantai keramik
Pengalaman Seram Tak Terlupakan

Di samping cerita noda merah dan terowongan di bawah hall, ada banyak kisah seram lain yang didengar narasumber. Mulai dari misteri kelas yang hanya muncul di malam hari, hewan-hewan gaib, hingga wanita Belanda cantik berbadan kuda.

Awalnya narasumber tidak percaya begitu saja. Hingga suatu ketika seusai pelajaran Fisika, ia tertidur pada jam istirahat di kursi belakang kelas. Tak lama berselang, bel istirahat berbunyi. Ia pun terbangun dengan masih setengah sadar.

“Sekilas saya melihat seorang wanita berambut panjang yang masuk dari pintu berjalan ke arah meja guru,” ungkap narasumber. Ia mengira itu adalah guru yang masuk. Namun ia merasa aneh dengan bentuk badannya yang seperti memanjang ke belakang.

Karena belum sepenuhnya tersadar, ia tak menggubrisnya dan lantas menunduk untuk mengambil buku di kolong meja. Begitu bangkit, sosok barusan sudah menghilang.

“Ternyata itu noni Belanda berbadan kuda,” pungkasnya.

Pertanyaannya, kalau kakak noni Belanda itu lama menghuni kelas itu, apa dia juga hafal penyetaraan Reaksi Redoks pelajaran Kimia ya? Jadi kepo deh, hehehe.

Itulah 5 sekolah paling horror yang ada di Indonesia. Kalian punya kisah horror lainnya? Atau masih nggak percaya dengan hantu? Bagikan cerita kalian di kolom komentar ya.

Artikel Terkait: Cara Alternatif Kendalikan Emosimu