6 Aktivitas Ini Sering Bikin “Mager” dan Buat Tugas Tertunda

Siapa diantara kalian yang pernah mager (malas gerak) saat ingin mengerjakan tugas? Pasti kalian para pelajar dan mahasiswa pernah mengalami momen malas mengerjakan tugas yang diberikan guru atau dosen.

Memang procrasination yang berarti menunda-nunda pekerjaan atau istilah kerennya mager saat ini masih menjadi persoalan yang sering dialami siswa, mahasiswa, bahkan yang sudah bekerja.

Perilaku mager saat ingin mengerjakan pekerjaan bisa berakibat buruk lho kalau terus-menerus dilakukan. Mager bisa menghambat proses belajar dan prestasi kamu.

Nah, kamu tak mau kan jadi anak muda yang minim prestasi gara-gara suka mager, yuk ketahui kegiatan-kegiatan yang suka bikin kamu mager, terlena, dan lalu malas mengerjakan tugas.

1. Scrolling media sosial

Tentunya kamu gak lepas dari aktivitas mengecek media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, maupun Facebook. Baik siswa, mahasiswa, maupun yang sudah kerja pun masih melakukan scrolling media sosial.

Biasanya kamu akan mulai rebahan di kasur lalu membuka media sosial jelang mengerjakan tugas. Awalnya sih cuma sebentar, eh lalu berlanjut terus menerus sampai pekerjaan terlupakan.

Memang mengecek media sosial akan terasa mengasyikkan dibandingkan mengerjakan tugas. Namun, akhirnya pekerjaan terbengkalai dan waktu terbuang sia-sia.

2. Balas chat masuk

Selain mengecek media sosial, membalas chat atau percakapan yang masuk ke handphone kamu tentu akan memakan waktu. Apalagi, jika kamu memiliki grup yang banyak, gebetan, pacar, atau membahas hal yang menarik alias gosip.

Tanpa disadari, terlalu lama membalas chat yang masuk akan menyita waktu kamu. Alhasil, pekerjaanmu tak selesai.

3. Beres-beres

Kamar yang rapi memang jadi salah satu faktor yang mendukung ketika ingin mengerjakan tugas. Kalau kamar berantakan dan kotor, tentu kamu gak akan nyaman untuk mengerjakan tugas.

Namun, setelah kamu membereskan kamar, tentu kamu akan lelah lalu mager untuk mulai mengerjakan tugas. Nah, setelah membereskan kamar bisa-bisa kamu malah tak bisa mengerjakan tugas.

4. Cari atau buat camilan

Nyemil sambil mengerjakan tugas memang asyik. Namun, jika belum ada camilan, biasanya kamu akan mencari atau bahkan membuat camilan lebih dulu untuk menemani tugas.

Biasanya kamu akan mencari camilan di minimarket atau pesan di aplikasi ojek daring. Sambil menunggu camilan datang, aktivitas yang biasa dilakukan adalah scrolling media sosial.

Setelah camilan datang, memang asyik nyemil sambil kembali scrolling media sosial. Nah, bukannya mulai mengerjakan tugas, ujungnya malah mager.

5. Terlalu lama mencari sumber informasi

Untuk menjawab pertanyaan dan tugas yang diberikan guru atau dosen, kamu biasanya akan mencari jawaban di buku, jurnal, maupun internet. Mencari sumber-sumber itu, tentu akan memakan waktu.

Terlalu bersemangat mencari jawaban di internet bisa membuat kamu tak sadar kalau sudah membuka tab terlalu banyak. Jika telah sadar, biasanya kamu akan mager dan lalu malah tertunda untuk mengerjakan tugas.

6. Memilih playlist lagu

Siapa yang sering mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu? Bagi sejumlah orang, mendengarkan genre lagu tertentu akan membuat kamu lebih semangat saat mengerjakan tugas.

Nah buat kamu yang sering mendengarkan lagu, tak jarang membuat playlist lagu untuk menemani mengerjakan tugas akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Tanpa disadari, memilih lagu untuk playlist akan memakan waktu dan justru akan membuat mager untuk memulai mengerjakan tugas.

Aktivitas-aktivitas tersebut tak baik untuk dilakukan. Namun, bukan berarti dilarang lho.

Jika kamu lakukan aktivitas-aktivitas tersebut terlalu lama, kamu akan semakin mager untuk memulai mengerjakan tugas.

Akhirnya, tugas akan semakin mendekati deadline atau bahkan tak selesai saat hari pengumpulan tugas.

Selain itu, mager juga dapat diakibatkan karena kamu menemukan soal-soal yang susah saat mengerjakan tugas.

Nah, apabila kamu merasa kesulitan saat mengerjakan tugas tugas dari sekolah. Kamu bisa banget lho buka aplikasi Berprestasi kamu, dan langsung gunain fitur MyAsk.

Soal-soal yang kamu tanyakan di MyAsk akan langsung dijawab oleh tenaga professional sehingga kebenaran jawabannya dijamin 99% benar.

Tunggu apalagi? Yuk langsung buka handphone kamu dan pake aplikasi Berprestasi.

Sumber: Kompas.com