6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Belajar, Apa Saja?

Belajar merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sepanjang hidup. Dengan belajar, kamu akan mendapatkab pengetahuan, pengalaman, keterampilan baru untuk memperkaya hidupmu.

Meskipun kegiatan belajar sudah sering dilakukan bahkan sejak sekolah dasar hingga kerja, ternyata masih banyak lho yang melakukan kesalahan saat belajar.

Saat melakukan kesalahan ketika belajar, banyak hal yang akan terpengaruh seperti nilai, pemahaman tentang sesuatu topik, rumus, soal, dan lainnya.

Tentu rasanya tak enak ketika sudah serius belajar, ternyata masih melakukan kesalahan. Lalu apa saja sih kesalahan dalam belajar?

Berikut kesalahan-kesalahan dalam belajar seperti dirangkum dari Rencanamu.id.

1. Belajar dengan metode menghafal

Siapa yang masih belajar dengan metode menghafal? Ayo angkat tangan!

Seringkali siswa-siswa belajar dengan metode menghafal materi-materi pelajaran mulai dari rumus, bahan bacaan, dan lainnya.

Metode menghafal menyebabkan kita kurang memahami konsep pelajaran yang sedang dipelajari. Kita pun tak bisa terus menerus menghafal karena akan ada sebuah masa kita akan melupakan materi tersebut.

Daripada menghafal terus menerus, lebih kamu mencoba untuk memahami hal yang kamu baca. Setelah memahaminya, kamu akan lebih mudah untuk mengingat materi yang kamu baca.

2. Belajar kalau ada ujian

Siapa yang belajar hanya ketika jelang ujian apalagi satu malam jelang ujian? Hayo ngaku

Saat belajar hanya menjelang ujian, kamu akan mudah untuk melupakan materi yang telah kamu pelajari. Padahal setelah ujian, materi yang kamu pelajari akan terus berlanjut untuk ujian tersebut baik Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Sekolah.

Jika diantara kamu belajar dengan sistem kebut semalam, materi yang dipahami tak semaksimal saat belajar dari jauh-jauh hari. Jadi, jangan belajar jelang ujian saja, ya!

3. Nggak mau mencoba mengembangkan materi

Ketika belajar hanya jelang ujian, ilmu yang kamu hanya seputar materi yang diujikan saja. Padahal, mempelajari materi-materi yang terkait itu juga penting untuk memberikan pemahaman yang lengkap.

Jika kamu tak mengembangkan materi yang kamu pelajari, sayang sekali lho! Padahal, alangkah baiknya jika belajar tentang sesuatu materi secara mendalam.

4. Belajar dengan metode screening

Nah, ini metode yang lebih ekstrim lagi dibandingkan sistem belajar kebut semalam yaitu hanya belajar pada pagi hari sebelum ujian. Jika melakukan hal tersebut, cara belajar kamu hanya membaca secara cepat dan melompati materi-materi yang mungkin justru penting.

Kerugian yang bakal kamu alami dengan metode belajar secara screening yaitu melewati materi-materi yang justru penting dan mendapatkan pemahaman tentang suatu materi secara setengah-setengah.

5. Nggak mau mengulang materi

Kesalahan terbesar yang dilakukan saat belajar adalah merasa telah paham tentang apa yang dipelajari sehingga malas mengulang materi tersebut. Padahal, mengulangi materi yang telah dipelajari akan memastikan hal-hal yang terlupakan saat kamu belajar.

Nah, kalau malas mengulangi materi yang telah kamu pelajari, maka kamu akan kesulitan mengerjakan sesuatu materi yang kamu lupakan.

6. Sering pecah konsentrasi

Terkadang musik, televisi, handphone, dan lainnya akan membuat konsentrasi kamu pecah saat belajar. Secara gak sadar, kamu akan tergoda untuk mengecek timeline media sosial, nonton televisi, dan lainnya.

Nah, cobalah menjauh dari hal-hal yang bisa memecah konsentrasimu saat belajar yaa.

Kalau membutuhkan bantuan saat belajar, tidak usah bingung. Sekarang sudah ada Aplikasi Berprestasi, yang akan membantumu dalam belajar dengan berbagai fitur yang menarik.

Kamu bisa menggunakan MyAsk untuk bertanya tugas tugas yang tidak kamu mengerti.

Kamu juga bisa memesan guru les semudah pesan ojek dengan My Private Tutor

Atau kamu bisa belajar berbagai macam soal di My Exercise. Berbagai kemudahan dalam belajar bisa kamu dapatkan hanya dengan mendownload Aplikasi Berprestasi. Yuk segera download di Play Store.