6 Tanaman Cepat Panen Ini Cocok Untuk Berkebun!

Tren berkebun di kala pandemi COVID-19 cukup meningkat beberapa waktu lalu. Kondisi masyarakat perkotaan yang memiliki lahan minim dan aktivitas yang padat membuat berkebun menjadi sesuatu yang cukup jarang dilakukan.

Walau begitu, berkebun juga menyasyikkan loh guys! Selain itu terdapat banyak manfaat jika kalian belajar berkebun teman atau orang-orang yang kalian sayangi

Manfaat berkebun cukup beragam guys, mulai dari melatih kesabaran untuk menunggu panen haisl kebun kalian, menggerakkan tubuh, menjaga kebersamaan bersama orang-orang tersayang ketika berkebun serta kepuasan tersendiri ketika dapat mengolah hasil kebun yang kita panen menjadi makanan yang dapat kita konsumsi, tepat dari halaman rumah kita guys.

Jika kalian punya ide untuk mengikuti tren berkebun, simak artikel berikut untuk rekomendasi beberapa tanaman yang mudah ditanam dan cepat untuk dipanen. Kira-kira tanaman apa saja ya guys?

Rekomendasi Tanaman untuk Berkebun di Rumah

Lombok

Apakah kalian pernah membuang biji lombok secara sembarangan di halaman rumah? Jika beruntung, biji-biji lombok yang kalian buang secara sembarangan itu dapat langsung tumbuh dan berbuah lo gaes.

Jadi, menanam lombok lombok sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Namun, jika kalian ingin menanam lombok dengan cara yang baik dan benar. Tentu kalian harus menanamnya dengan peralatan khusus. Beberapa peralatannya seperti polybag, tanah, pupuk dan tentu saja bibit lombok.

Bibit lombok dapat kalian dapatkan dari membelah cabe dan ambil biji-bijinya. Kemudian, cuci biji lombok tersebut untuk menghilangkan lendirnya lalu keringkan.

Jika sudah kering, maka kalian dapat menyemai biji tersebut dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk. Tunggu hingga rentang waktu 3 sampai 7 hari dan rutinlah menyiraminya.

Pepaya

Serupa dengan lombok, menanam Pepaya juga cukup mudah. Jika kalian menemukan biji-biji Pepaya di dalam buah Pepaya dan kalian buang sembarangan di halaman rumah, maka bukan tidak mungkin biji tersebut akan tumbuh dan berbuah.

Untuk mendukung Pepaya tumbuh dengan baik dan sehat siapkan polybag berisi tanah yang sudah dicampur dengan pupuk dan siapkan pula benih pepaya.

Tanam benih pepaya dalam polybag berisi tanah serta pupuk dan berikan air. Lalu, letakkan di tempat yang terkena cahaya matahari.

Dalam waktu 2 minggu saja, benih pepaya mulai tumbuh dan ketika berusia berusia 2 hingga 3 bulan dapat dipindahkan pada media tanam atau halaman rumah kalian.

Bayam

Siapa yang tidak tahu sayur Bayam? Itu loh, makanan favoritnya si Popeye. Bayam, dapat kamu tanam tepat di halaman rumahmu. Hanya dalam hitungan sekitar 15 hari, kamu dapat memanennya dan mengolahnya sendiri menjadi masakan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menanam sayur Bayam adalah dengan memperhatikan cara menyiram dan tidak disarankan untuk mengenai paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Intinya berikan bibit bayam tersebut air dan sinar matahari, secukupnya saja ya guys.

Sawi Hijau

Walaupun dapat dipanen cukup lama, yaitu sekitar 45 hari. Sawi hijau merupakan salah satu sayur yang cukup mudah untuk ditanam. Untuk mulai menanam sawi hijau, kalian dapat menyiapkan medium berupa pipa atau pot, dilengkapi dengan tanah, pupuk, dan tentunya bibit sawi hijau.

Air dan paparan sinar matahari juga harus cukup, karena 2 hal tersebut merupakan kunci utama agar sawi hijau dapat tumbuh subur.

Bawang Putih

Bawang putih adalah pilihan yang tepat ketika kalian ingin cepat panen dalam berkebun. Menanam bawang putih di rumah cukup mudah caranya.

Siapkan beberapa siung bawang putih yang masih memiliki akar dan tanam di medium berupa pot kecil siram di tunggu hingga beberapa hari saja, maka bawang putih yang kamu tanam akan tumbuh dalam waktu yang singkat.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli bawang putih di pasar atau supermarket. Tinggal ambil saja bawang putih langsung dari halaman rumahmu. Jadi mudah kan guys!

Selada

Selain berkebun di medium pot atau halaman rumah, kalian juga dapat mencoba berkebun dengan medium hidroponik loh guys di rumah. Dengan waktu yang relatif singkat, sekitar 20 hingga 30 hari, kamu telah dapat memanen Selada untuk diolah dan dikonsumsi.

Untuk peralatan menanam Selada cukup mudah didapatkan. Sama seperti menanam sayuran lain pada umumnya, dengan cara menyiapkan medium pot atau pipa, tanah, pupuk dan bibit Selada.

Tuhkan, mudah banget kan guys berkebun itu! Jadi, sudah ada ide ingin menanam tanaman apa di rumah?