B. Inggris | Simple Past Tense (Verbal)

Howdy, everyone! Kali ini bakal membahas pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 SMP yaitu Simple Past Tense. Sudah tahu nggak, apa maksudnya Simple Past Tense, ciri-cirinya seperti apa, dan bagaimana rumus kalimatnya? Yuk kita disimak baik-baik ya.
DEFINISI SIMPLE PAST TENSE

Simple Past Tense merupakan jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang menyatakan tentang peristiwa di masa lalu. Sehingga, time signal yang digunakan merupakan keterangan waktu lampau.

Ciri-ciri yang menandakan bahwa sebuah kalimat tergolong Simple Past Tense di antaranya adalah berikut ini:

  1. Menyatakan sebuah peristiwa yang terjadi di waktu yang lalu atau lampau dengan memakai keterangan maupun periode waktu. Contohnya seperti ungkapan: yesterday, ago, last month, last week, last night, last year, last two days, for an hour, for two months, for a day, dan lain-lain.
  2. Memakai verb 2 atau kata kerja bentuk kedua, contohnya: went, did, visited, worked, dan sebagainya.
  3. Menggunakan dua macam to be yaitu “were” dan “was”.

Sementara itu, ada dua macam Simple Past Tense, yaitu Verbal dan Nominal. Istilah ‘Verbal’ digunakan untuk kalimat yang mengandung kata kerja di dalamnya. Sebaliknya, jenis ‘Nominal’ yang tidak memakai kata kerja.

Karena kali ini kita membahas jenis Verbal, maka ciri-ciri yang muncul adalah nomor 1 dan 2 saja, sementara nomor 3 termasuk jenis Nominal yang akan dibahas pada artikel berikutnya, so stay tune ya!

Untuk memudahkan merangkai kalimat Simple Past Tense, kita akan menggunakan rumus sebagai berikut.

RUMUS

Kalimat Positif: (+) S + V2

Kalimat Negatif: (-) S + didn’t + V1

Kalimat Tanya: (?) Did + S + V1?

Begitu kawan-kawan, secara umum sudah paham ya? Kalau sudah, kita lanjut ke contoh soal agar kamu bisa berlatih cara menggunakan Simple Past Tense.

CONTOH SOAL

1. Mike (not, read) ….. my email yesterday.

Jawabannya adalah: did not read

Pembahasan:

Kalimat tersebut merupakan kalimat negatif, sehingga setelah subject, kita harus menambahkan did not, kemudian diikuti dengan verb 1 sesuai pada kalimat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: Mike did not read my email yesterday.

2. I (go) ….. to Yogyakarta with my whole family last month.

Jawabannya adalah: went

Pembahasan:

Kalimat tersebut merupakan kalimat positif, sehingga hanya perlu merubah kata kerja menjadi verb 2. Karena kata kerjanya adalah go, maka verb 2 nya adalah went.

Sehingga jawaban yang tepat adalah: I went to Yogyakarta with my whole family last month.

3. ….. the children (play) ….. dolls together at your house an hour ago?

Jawabannya adalah: did & play

Pembahasan:

Kalimat tersebut merupakan kalimat tanya. Sehingga pada awal kalimat hanya membutuhkan awalan did. Sementara itu untuk kata kerja play tetap ditulis sama karena kita membutuhkan verb 1 untuk kata kerja bentuk interogative sentence.

Maka jawaban yang tepat adalah: Did the children play dolls together at your house an hour ago?

Sekian pembahasan kali ini, sudah paham kan cara membuat kalimat Simple Past Tense jenis Verbal? Kalau masih belum paham, simak video lengkapnya di bawah ini. Selain itu, kamu juga cari guru les yang bisa ngajarin kamu di aplikasi Berprestasi. Link-nya di bawah yaa, see you on the next articles!

Download Aplikasi Berprestasi (Android)

Cari guru les di kotamu
Cari guru les di kotamu

Artikel Sejenis: Simple Past Tense (Nominal)