Beberapa tips agar anak usia dini bisa membaca

Saat ini kita sedang berada di era informasi, dimana banyaknya arus informasi yang dapat masuk ke dalam pikiran kita. Era ini ditandai dengan mewabahnya peralatan elektronik yang berbasis informasi seperti : Laptop, TV, Smartphone, Tablet, dan lain lain. Generasi ini menjadi semakin cepat dalam menyerap informasi tidak terkecuali dengan anak – anak usia dini sekalipun. Mereka dapat dengan cepat membaca, mendengarkan atau melihat berbagai informasi yang sangat menarik. Namun tidak ada salahnya kita sebagai orang dapat memiliki metode untuk mengajari mereka secara benar dalam membaca, agar proses pengenalan kata mereka lebih benar dan lengkap.

Beberapa poin yang dapat kita lakukan agar anak khususnya usia golden age (usia 3 sampai dengan 5 tahun) lebih cepat dan benar dalam membaca adalah sebagai berikut :

1. Dekatkan dengan informasi

Pastikan di dekat anak anak kita ada informasi positif dalam bentuk kata kata yang dapat mereka lihat dan pahami, dan kita bantu untuk memyuarakannya (hal ini dimaksudkan agar anak dapat mendengar melalui telinga tentang kata kata tersebut dan otak dan mata mereka akan berusaha memahami kata tersebut.

2. Media Elektronik

Saat ini banyak sekali media elektronik pembelajaran membaca untuk anak usia dini, anda bisa mencari itu di internet. Media elektronik saat ini sudah sangat kreatif (dilengkapi dengan suara dan gambar yang indah serta mudah dipahami, sehingga anak menjadi tertarik)

3. Pembelajaran rutin

Usahakan setiap hari kita mengajari anak kita belajar membaca secara konvensional selama 10 – 15 menit perhari, usahakan tidak membuat mereka merasa jenuh dahulu (karena usia 3 – 5 tahun tidak diperbolehkan membebani psikologi anak dengan belajar yang terlalu berat)

4. Bernyanyi

Dengan bernyayi anak akan secara tidak langsung berusaha membaca dan memahami kata kata dalam teks

5. Metode sederhana dalam belajar membaca

Usahakan mengajari anak huruf alfabeth dahulu, mulai dari a,b,c dan seterusnya ditambah dengan huruf vocal agar mulai membentuk sebuah kata. Jika kita langsung mengajari anak dengan kata, ada beberapa anak kesulitan memahami huruf demi huruf, namun mengajari dengan alfabeth harus segera dikombinasi dengan kata kata agar cepat paham

6. FlashCard

Tempel di setiap sudut ruangan flashcard yang sederhana agar anak mencoba untuk mengerti kata dari sebuah benda. lalu anda bisa membuatkan tes kecil berupa isian seperti contoh : ada flashcard gambar kursi, lalu dibawah gambar tertulis Kur… (biarkan anak menulis huruf selanjutnya)

7. Poster

Tempel di kamar poster alfabeth agar anak anak setiap hari tidak sadar sedang belajar kata di poster tersebut

Selamat mencoba beberapa poin diatas, jika anda kesulitan atau membutuhkan konsultasi bisa menghubungi kita atau dapat mencari guru les TK di aplikasi ini.