Susah Pahami Materi? Buat Mind Mapping Aja!

Siapa yang disekolah pernah diajarin mind mapping? Sebagian dari kalian pasti pernah mendengar istilah mind mapping atau bahkan sudah pernah mempraktikannya bukan?

Mind Mapping merupakan cara yang dapat mempermudah dirimu untuk memahami suatu konsep secara visual dan menyenangkan.

Dengan membuat mind mapping, otak kanan dan kirimu akan bekerja secara bersamaan dan menuntutmu untuk berkreasi dengan menyenangkan.  

Mind mapping dapat mempermudah proses belajarmu lo! Karena mind mapping berbentuk gambar dan dapat dikreasikan sesuka hati. Diharapkan dengan mengolah materi pembelajaran yang kamu olah tersebut, materi yang ingin kamu pelajari dapat dicerna dengan lebih maksimal.

Tapi, tahu gak sih, manfaat apa saja yang kamu dapatkan ketika memanfaatkan mind mapping untuk belajar? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Menggunakan Mind Mapping Untuk Belajar

Meningkatkan kreatifitas

Manfaat yang paling terasa ketika menggunakan mind mapping adalah kreatifitas yang meningkat. Bagaimana tidak? Kamu harus mahir memilah informasi penting yang akan dimasukkan keadalam mind mapping dan menyusunnya kembali dengan baik dalam sebuah pola atau gambar yang menarik agar lebih mudah dipelajari.

Kamu juga dapat menggunakan beragam alat tulis seperti pensil warna, krayon atau spidol untuk menghias mind mapping yang kalian buat. Kalian bisa kreasikan mind mapping sesuai dengan selera dan kreatifitas kalian sendiri. 

Kombinasi antara poin-poin materi, bentuk dan warna sesuai selera akan meningkatkan keinginanmu untuk belajar lebih giat. Tentunya, belajar akan jauh lebih menyenangkan ya, gaes!

Melatih Cara Berfikir

Dengan belajar menggunakan mind mapping, kalian dapat mengasah daya ingat. Mengapa? Karena mind mapping memaksa dirimu untuk membuat dirimu untuk mengetahui segala

sesuatu dengan lebih detail dan terperinci.

Belajar Meringkas

Di dalam mind mapping, kita dapat mengembangkan ide pokok dan merangkum beberapa poin materi yang dianggap penting saja. Ketika terbiasa menggunakan mind mapping untuk belajar, kamu akan terbiasa untuk memisahkan hal-hal yang penting dan kurang penting dalam suatu materi untuk dipelajari.

Menghemat Waktu

Belajar menggunakan mind mapping relatif mempersingkat waktu belajar. Mengapa bisa begitu? Karena mind mapping berisi ide pokok dan hal-hal penting saja. Oleh karena itu, kamu akan lebih fokus dalam menghafal dan memahami suatu materi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mind mapping merupakan kegiatan menghubungkan beragam konsep permasalahan untuk merujuk pada suatu pemahaman tertentu.

Dengan menggunakan mind mapping dirimu akan dapat dengan mudah mengingat suatu mater

Kamu dapat mulai menjajal mind maping mulai dari sekarang ya guys, agar belajarmu semakin semangat dan nilai akademismu semakin meningkat.

Salam Berprestasi!