Bener Nggak Sih 7 Jurusan Kuliah Ini Terkesan “Cewek Banget”?

Untuk urusan jurusan kuliah, dalam benak kamu mungkin yang terlintas adalah komunikasi, hukum, ekonomi, dan psikologi. Mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan akan berlomba-lomba masuk ke jurusan favorit.

Meski kini akses pendidikan terbuka untuk semua kalangan, tetapi ada saja sejumlah pendapat mengasosiasikan sebuah jurusan untuk jenis kelamin tertentu.

Lalu apa sih jurusan kuliah yang sering disebut “cewek banget”? Berikut 7 jurusan kuliah yang sering dipilih perempuan.

1. Ilmu Keperawatan

Yap, jurusan pertama adalah ilmu keperawatan. Jurusan ini memang banyak diminati oleh perempuan.

Kebanyakan perempuan punya karakter sabar, tekun dan telaten dalam merawat orang.

Eits, kamu para laki-laki juga tetap bisa lho berkuliah jadi perawat asalkan punya punya karakter yang serupa itu.

2. Kebidanan

Nah, jurusan kebidanan ‘cewek banget”. Benar gak?

Kalau kamu ingat peristiwa ibumu melahirkan, nah biasanya yang menolong di rumah sakit atau klinik adalah alumni jurusan kebidanan.

Meskipun jurusan kebidanan juga bisa untuk laki-laki, tetapi umumnya pria kurang tertarik bergabung di jurusan ini.

3. Pendidikan dokter

Kuliah jurusan kedokteran relatif melelahkan ya. Kuliah, mengerjakan tugas, review jurnal ditambah kalau sudah jadi dokter, jam berkegiatan jadi lebih padat dan bikin lelah.

Nah, di beberapa profesi dokter seperti dokter anak, dokter gigi, dokter hewan, dokter umum, dan lainnya banyak diisi oleh perempuan.

Kembali ke sifat dasar yang sabar dalam merawat, alasan itu rasanya cocok menjelaskan kenapa jurusan kedokteran banyak diminati oleh perempuan.

4. Psikologi

Untuk urusan kepekaan, rasa yang lebih halus, dan lebih berperasaan, perempuan memang lebih unggul dari laki-laki.

Profesi psikolog sendiri dituntut untuk mendengar keluh kesah dan memahami orang lain lho.

Oleh karena itu, jurusan psikologi banyak diminati dan lebih cocok untuk perempuan karena kehalusan perasaan yang mereka miliki.

5. Kependidikan

Coba deh kamu perhatikan guru-guru di playgroup, taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP). Yang sering kamu lihat kebanyakan adalah perempuan.

Sama seperti alasan sebelumnya, jurusan kependidikan biasanya diisi oleh perempuan karena sifatnya yang keibuan dan lebih sabar

6. Tata Busana

Perempuan dan fashion merupakan bagian yang terpisahkan dari perempuan. Rasanya perempuan tak akan kehabisan ide bila berbincang tentang fashion.

7. Tata Rias dan Kecantikan

Selain tata busana, ada juga lho jurusan yang identik dengan perempuan. Nama jurusannya adalah tata risa dan kecantikan.

Meskipun saat ini banyak make up artist atau hair stylist yang merupakan laki-laki, jurusan tata rias dan kecantikan tentunya masih menjadi idaman perempuan. Secara alami, perempuan suka merawat diri.

Ada yang mau menambahkan?

Sumber: Kompas.com