Cara AJAIB Menghafal Pendiri ASEAN

Sebagian dari kita kesulitan belajar menghafal. Mungkin nggak terbiasa, atau materi yang dihafalkan sulit dan panjang. Tapi sekarang kamu nggak perlu susah-susah lagi, karena di sini akan dijelaskan teknik AJAIB hafalan dengan Super Memory.

Untuk memulainya, kita akan ambil materi hafalan yaitu para pendiri ASEAN. Sudah tahu belum, siapa saja pendirinya? Kalau belum, berikut ini adalah daftar pendiri ASEAN:

  1. Singapura: S. Rajaratnam
  2. Filipina: Narcisco Ramos
  3. Indonesia: Adam Malik
  4. Thailand: Thanat Khoman
  5. Malaysia: Tun Abdul Razak

Biasanya kalau menghafal dengan cara yang standar, butuh waktu untuk mengulanginya supaya bisa benar-benar ingat. Selain itu juga membosankan, dan biasanya lupa lagi nanti kalau sudah nggak diulang-ulang lagi.

Nah, sekarang kita pakai teknik hafalan yang AJAIB bernama Super Memory. Supaya ingatanmu sangat kuat, ikuti tahapan untuk melakukan Super Memory dengan benar:

  1. Dibaca dulu daftar nama beserta negara para pendiri ASEAN.
  2. Kita asosiasikan setiap tulisan dengan obyek yang kita familiar.
  3. Buatlah rangkuman ceritanya selucu mungkin.
  4. Kalau kamu bisa menggambar atau punya ilustrasinya, bakal lebih bagus.

Setelah tahu tahapannya, kita akan pakai teknik Super Memory untuk menghafalkan para pendiri ASEAN. Mula-mula, kita cari asosiasi setiap kata dengan obyek yang sangat kita kenal.

  1. Singapura: S. Rajaratnam
  2. Filipina: Narcisco Ramos
  3. Indonesia: Adam Malik
  4. Thailand: Thanat Khoman
  5. Malaysia: Tun Abdul Razak

Setelah kita tentukan mana saja kata-kata yang akan diasosiasikan, berikutnya kita buat cerita lucu berdasar kata-kata yang sudah ditentukan. Contohnya begini:

  1. Raja Singa berpakaian superman bertuliskan “Jahanam
  2. Sedang berjalan di bawah lampu Phillip sambil narsis makan mie Remes
  3. Sambil terbalik di Indonesia
  4. Saat mau cuci tangan, Raja Singa menginjak tai di taman.
  5. Raja Singa yang marah memaki, “MALAS! TUN AMBROL RUSAK!”

Gimana guys, kocak nggak? Kalau kamu punya cerita yang lebih bikin ngakak, coba tulis sendiri supaya hafalanmu makin jos. Semakin bikin ngakak, semakin gampang buat dihafalkan, bahkan kalaupun daftar kalimat panjang yang berurutan sekalipun.

Kalau masih belum paham, coba tonton video ini. Ada ilustrasi animasinya juga lho, jadi lebih memudahkan kamu untuk memahami teknik Super Memory.