Cara Cepat Belajar dari Nol Cuma 20 Jam

Belajar hal baru bisa jadi hal yang menyulitkan. Sebab kita nggak tahu apapun tentang hal itu. Misal belajar memasak bagi yang belum bisa, atau olahraga baru yang belum pernah dilakukan. Tapi ada penelitian menarik, bahwa kita bisa menguasai suatu kemampuan dari nol cuma butuh 20 jam lho. Hah kok cepat, pakai cara apa?

Seorang pelatih bisnis asal Amerika Serikat bernama Josh Kaufman memberikan rahasia belajar apapun ini. Ceritanya dia diundang di acara TED Talks sebagai pembicara. Di situ doi bilang bahwa hanya dengan waktu 20 jam belajar, kita mampu menguasai skill apa saja sampai bisa.

Ternyata syaratnya nggak susah lho, cuma dengan melalui 4 langkah simpel ini.

  1. Bongkar Skill yang Ingin Dipelajari

Skill adalah kumpulan praktik sederhana yang digabungkan. Misal kalau mau belajar gitar, perlu bisa praktik memencet kunci, memetik gitar. dan menggabungkannya saat memainkan sebuah alunan lagu.

Karena ada beberapa praktik yang harus dipelajari, mulailah dari praktik yang paling mudah, lalu berlanjut ke praktik lainnya. Setelah itu tinggal belajar menggabungkan semua praktik itu.

2. Pelajari Hal yang Dasar ‘Seperlunya’

Loh, kenapa kok hanya seperlunya? Biasanya, di sini kita kelamaan baca-baca banyak artikel, buku, atau menonton tutorial. Tapi semuanya hanya dasarnya saja. Karena berkutat di hal dasar terus, otak kita jadi capek kebanyakan info. Terus jadi nggak semangat deh.

Karena itu, yang perlu dilakukan hanyalah mencari tahu dasarnya secara singkat saja. Tujuannya jelas supaya biar cepat dan nggak membuat pikiran lelah dan jenuh. Yang penting bisa koreksi diri sendiri kalau ada pengetahuan maupun cara praktik yang salah.

3. Singkirkan Semua Penghalang Belajar

Nah, ini juga salah satu hal simpel sekaligus penting yang seringkali justru nggak kita jalankan. Kamu harus pastikan bahwa misal dalam 2 jam ke depan nggak ada hal yang bikin kamu berhenti belajar

Seringkali kita waktu belajar kena banyak distraksi. Mulai dari HP, lupa belum makan, mau ke kamar mandi, dan banyak alasan lainnya. Maka kamu harus lakukan semua itu sebelum belajarmu dimulai, biar nggak terputus-putus waktunya, sehingga lebih efektif, efisien, dan terukur.

4. Komitmen sama 20 Jam Belajar

20 jam belajar ini bukan berarti kamu harus habiskan dalam satu hari ya. Kamu bisa bagi waktu ini ke 10 hari, dua minggu, sebulan, atau sesuai yang kamu bisa. Yang penting komitmen aja sama keputusanmu sendiri.

Misal, jam 7 sampai 9 malam kamu pakai untuk mempelajari kemampuan yang diinginkan. Maka selanjutnya, bikinlah jadwalnya misal dari hari Senin sampai Jumat. Setelah 2 minggu, kamu bisa bandingkan sendiri dari sebelum memulai 20 jam dengan setelahnya.

Bahkan kamu bisa bikin konten perbandingan untuk akun media sosialmu cuma dari sini lhoo.

Rasa Frustasi di Awal akan Terbalas Rasa Bahagia

Selain 4 langkah sederhana ini, Mr. Kaufman menambahkan bahwa yang paling sulit ialah waktu di mana kita baru memulainya. Kamu bakal ngerasa berat banget untuk menjalaninya karena mempelajari hal asing.

Belum lagi pikiran bodoh sama diri sendiri serta rasa frustasi dengan belajarmu. Tapi jangan khawatir, karena perasaan buruk ini nggak akan bertahan lama. Begitu terlewat beberapa jam dan sudah tahu beberapa hal, tiba-tiba kamu cepat mengerti garis besarnya, bahkan praktiknya juga jadi gampang.

Dan kamu tahu rasanya di momen itu? Seneng banget! Rasanya jadi manusia paling jenius di dunia, bener deh.

Di akhir acara, Mr. Kaufman membuktikan bahwa dirinya nggak omdo atau omong doang. Dia mengakhiri penjelasan dari penelitiannya itu dengan penampilan bermain ukulele sambil bernyanyi.

Tahu berapa lama dia belajar itu semua dari nol? Yap bener.

Itulah cara cepat untuk belajar apapun dari nol hanya 20 jam. Sebenarnya bisa lebih cepat lagi kalau ada tutor atau guru yang ahli di bidang yang kamu pelajari. Selain itu, penguasaan materi serta latihan praktik atau soal pun juga lebih cepat.

Kalau mau ada guru yang mengajari di rumah maupun online, kamu bisa cari di aplikasi Berprestasi. Yang jelas guru yang ada di kotamu ya, tinggal pilih aja. Nanti mereka yang bakal kontak kamu buat menentukan jadwal dan sebagainya 😉

Download Aplikasi Berprestasi (Android)

Cari Guru Idealmu di Aplikasi Berprestasi