Cara menghafal istilah asing dengan cepat

Di Era globalisasi sekarang ini, tentu dunia sudah sangat terbuka sehingga informasi dari luar negeri bahkan dari belahan bumi yang paling jauh sekalipun dapat kita ketahui. Tentunya hal ini membuat kita menjadi semakin cerdas karena kita semakin menyerap informasi dengan banyak, namun sebagian besar informasi tersebut tidak dalam bahasa kita melainkan banyak yang menggunakan bahasa asing (bisa bahasa inggris, china, korea atau yang lain). Kita mau tidak mau dituntut agar mampu menguasai beberapa bahasa asing agar dapat semakin banyak menyerap informasi.

Belajar bahasa asing bagi sebagian besar orang tampak sulit padahal sebenarnya tidak sulit, bahkan di jaman modern ini sudah banyak anak kecil cukup bisa menggunakan bahasa asing beberapa sekaligus. Maka dari itu kita akan memberikan beberapa trik sederhana untuk bisa menguasai bahasa asing. Berikut merupakan cara untuk menghafalkan istilah asing secara cepat dan akurat :

  1. Gunakan saja. Semenjak kecil kita belajar bahasa tidak ada yang menyuruh untuk menghafalkan namun sadar atau tidak sadar kita semakin bertambah umur semakin mengusai bahasa tersebut. Hal itu dikarenakan kita secara tidak sadar terus menggunakan bahasa tersebut baik secara tepat atau benar, namun kelamaan kita akan hafal dengan sendirinya dan bahasa kita yang salah akan otomatis terkoreksi secara langsung. Paling tidak kita harus menggunakan bahasa asing yang hendak kita kuasai tersebut seminggu sebanyak 5 kali (gunakan saja beberapa percakapan menggunakan bahasa asing tersebut)
  2. Pengulangan. Katakan jika kita tidak ada teman untuk saling berkomunikasi dengan bahasa asing maka langkah lain yang dapat kita lakukan adalah dengan memperkatakan bahasa asing tersebut sesering mungkin dengan suara yang dapat didengar oleh telinga kita sendiri, ketika kita mendengar suara maka otak kita akan menangkapnya dan menjadikannya informasi sehingga otomatis akan tersimpan dalam memory kita.
  3. Menerjemahkan. Seringlah untuk menerjemahkan bahasa asing yang ingin kita ketahui artinya, misal kita mendengar ada sebuah bacaan dengan bahasa asing yang ingin diketahui artinya, maka jangan ragu untuk mencari artinya melalui kamus baik buku ataupun online, percayalah lama kelamaan perbendaharaan anda akan semakin banyak. cukup hanya beberapa tahun saja anda sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa asing tersebut secara terbatas.
  4. Bimbingan. Anda dapat mengikuti kursus atau les bahasa asing tersebut, cari tempat kursus yang memang terkenal bagus atau memilih guru yang memang bagus dalam mengajar bahasa asing tersebut dan jangan lupa untuk selalu menggunakannya.

 Itu adalah beberapa trik dan cara untuk menguasai bahasa asing. Anda dapat mempraktikannya tidah harus semua poin namun gunakan beberapa poin dulu saja, percayalah selama anda selalu ingin menguasai bahasa asing tersebut maka akan menguasainya suatu saat nanti.

Salam belajar

Author

Lukas Tanuwijaya