Daftar 7 Perguruan Tinggi Indonesia yang Punya Sistem E-Learning

Di zaman yang serba digital kini segala aktivitas di dalam kehidupan seakan sudah bisa dilaksanakan dengan jarak jauh begitu pula dengan aspek pendidikan. Beberapa universitas kini sudah menyediakan layanan sistem e-learning yang memungkinkan bagi peserta didik untuk mengikuti perkuliahan dengan jarak yang jauh.

Hal ini bisa terwujud berkat adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012, yang mengatur mengenai pendidikan jarak jauh. Berkat adanya sistem ini maka kegiatan pembelajaran dapat lebih memanfaatkan teknologi informasi, komunikasi, dan media terkini, khususnya digital. Sudah banyak universitas di Indonesia yang memiliki sistem e-learning, berikut beberapa di antaranya.

Universitas Indonesia (UI)

Dilasir dari KSDP UI, universitas yang dikenal dengan jas kuningnya ini sudah menunjukkan perhatian terhadap e-learning pada Kebijakan Umum Arah Pengembangan UI periode 2007-2012 (Keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia yang menyatakan “Mengintensifkan pembelajaran berbasis e-learning”.

Selain itu UI juga sudah mengembangkan metode pembelajaran Collaborative Learning (CL), serta Problem-based Learning (PBL), serta sistem Student Centered E-Learning Environment melalui pembelajaran via online.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini juga menerapkan sistem e-learning yang dapat diakses pada https://elisa.ugm.ac.id/, di sana disediakan materi perkuliahan, tugas, bahkan diskusi via online juga dapat dilakukan di sistem e-learning tersebut.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di wilayah Jatinangor ini juga memiliki sistem e-learning, seperti yang dikutip dari situs web UNPAD, e-learning Unpad didirikan untuk menjembatani jarak, waktu, dan berbagai kondisi yang dapat menghalangi kegiatan pembelajaran.

Bukan hanya itu, e-learning juga hadir untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai upaya memaksimalkan hasil belajar. E-learning tersebut memiliki beberapa layanan guna mengoptimalkan kegaiatan belajar mengajar antaranya adalah Layanan Pelatihan yang dapat dilakukan baik secara in-house, in-service, maupun public training. E-learning tersebut dapat diakses di http://172.105.112.230/

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Memiliki laman resmi e-learning https://www.kuliah.itb.ac.id/portal/home/#popup portal berbasis ICT tersebut menyediakan bahan pembelajaran dari dosen yang bisa diakses oleh mahasiswa. ITB juga punya Studio E-learning di mana mahasiswa dapat membuat storyboard dan konten multimedia.

Universitas Gunadarma

Gunadarma dikenal memiliki banyak gedung di berbagai lokasi, dan tentunya e-learning dapat mempermudah akses bagi para mahasiswa maupun dosen yang ada di universitas tersebut. E-learning Gunadarma dapat diakses di http://elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=13&Itemid=39

Pada layanan ini mahasiswa dapat melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur,serta narasumber lain.

Melalui layanan ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan tes serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh. E-learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas yang juga akrab disebut Binus ini juga memiliki layanan e-learning. Dilansir dari laman resminya http://onlinelearning.binus.ac.id Binus sudah memiliki multi channel learning dengan Learning Management System (LMS) pada BINUSMAYA sebagai media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa terikat jadwal dan tempat.

Pembelajaran e-learning ini menawarkan 80 persen perkuliahan via MS (9 minggu): Materi kuliah, diskusi forum, upload tugas. Serta 20 persen perkuliahan tatap muka pada minggu ke 10, untuk review dan ujian pada minggu ke 11.

Universitas Mercu Buana

Layanan ini dapat diakses di https://elearning.mercubuana.ac.id/. Dengan adanya e-learning tersebut maka mahasiswa dapat belajar tanpa batas waktu dan tempat. Dilansir dari laman resminya, Mercu Buana memiliki semboyan Learning Without Limits.

Sumber: Tirto.id

Kontributor: Rachma Dania

Penulis: Rachma Dania

Editor: Dipna Videlia Putsanra