English | Degrees of Comparison – Positive Degree

Sering dibandingin emak sama anak tetangga? Suruh baca artikel Degrees of Comparison – Positive Degree ini aja, biar damage-nya nggak sakit-sakit amat kalau kamu dibandingin in English. Paling nggak, emak bakal kesusahan bandingin kamu cuma buat kelihatan keren wkwk.

(Anyway, emaknya suruh skip baca intro di atas biar doi semangat bacanya)

DEFINITION

Secara harfiah, Degrees of Comparison artinya derajat perbandingan. Maksudnya, materi ini membahas tentang bagaimana merangkai kalimat dalam bahasa Inggris untuk membandingkan satu hal dengan lainnya.

Degrees of Comparison terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree. Saat ini kita membahas tipe pertama Positive Degree, yaitu menyamakan satu hal dengan lainnya sehingga derajatnya dianggap setara.

Ada rumus yang bisa memudahkan kamu untuk membuat kalimat Positif dari Degrees of Comparison, yakni sebagai berikut:

RUMUS:

S + V / to be + as + Adj / Adv + as…..

Keterangan:

S = Subject

V = Verb – Kata kerja

to be = is, am, are, was, were – kata bantu

Adj = Adjective – kata sifat

Adv = Adverb – kata keterangan

Gimana gengs, sederhana kan konsep dari Degrees of Comparison. Sampai sini sudah mengerti dasarnya? Kalau sudah, kita lanjut ke contoh soal penerapannya ya.

CONTOH SOAL

Contoh soal:

  1. This course is (interesting) … Mr. Yudi’s course.

Jawabannya adalah: as interesting as

Pembahasan: kita hanya perlu menuliskan as diantara kata sifat (adjective) yang dituliskan, berupa interesting untuk membandingkan sesuatu yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah: This course is as interesting as Mr. Yudi’s course.

2. I know Albar’s parents. They both are very kind. What is the suitable positive degree about this situation?

Jawabannya adalah: Albar’s mother is as kind as his father.

Pembahasan: Dalam situasi ini, subjectnya adalah orang tua Albar yang terdiri atas ibu dan ayahnya. Sehingga jika kita ingin membandingkan keduanya yang merupakan sama-sama baik, maka kalimat yang tepat adalah Albar’s mother is as kind as his father. Tetapi urutan subject bisa dibalik dalam konteks kalimat ini menjadi Albar’s father is as kind as his mother.

3. Tio comes to school by car with his brother. They always come on time. So, Tio is (punctual) … his brother.

Jawabannya adalah: as punctual as

Pembahasan: kita hanya perlu menuliskan as diantara kata sifat (adjective) yang dituliskan, berupa punctual untuk membandingkan sesuatu yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah: Tio is as punctual as his brother.

Begitu guys penjelasan tentang Degrees of Comparison pada English lesson kali ini. Sampai sini sudah menguasai cara untuk merangkai kalimat dan menjawab soal? Kalau masih butuh penjelasan lebih jauh, kamu bisa menonton video di bawah ini.

Atau kalau kamu perlu diajarin guru les bahasa Inggris secara langsung datang ke rumah, kamu bisa cari di aplikasi Berprestasi. Di fitur My Private Tutor kamu bisa pilih kota yang sesuai dengan tempat tinggalmu, pelajaran, dan tingkat pendidikanmu. Enak kan?

Download Aplikasi Berprestasi (Android)

Cari guru les di kotamu
Cari guru les di kotamu
Video penjelasan Positive Degree

Artikel Terkait:

English | Present Perfect Tense (Definisi, Rumus, Contoh Soal)

Fisika | Pemantulan Bunyi, Gema & Gaung