English: Present Perfect Tense (Kelas 8)

Siapa yang nonton film berbahasa Inggris masih baca subtitle? Wah jangan dibiasain terus ya, upgrade English kamu dengan belajar bersama Berprestasi. Kali ini akan menjelaskan Present Perfect Tense. Biasanya dibahas di kelas 8 SMP, tapi bakal berguna sampai kamu dewasa, jadi ikuti pembahasannya sampai habis ya!

Secara sederhana, present perfect tense digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang sudah atau belum terjadi. Pemberian keterangan waktu yang spesifik tidak diperlukan dalam present perfect tense. Biasanya, present perfect tense menggunakan kata for yang diartikan selama, dan since yang diartikan sejak.

Rumus dalam merangkai kalimat menggunakan present perfect tense:

(+) S + has/have + V3/been

(-) S + has/have + not + V3/been

(?) Has/have + S + V3/been

Note:

Has digunakan jika subject-nya adalah she, he, it, atau yang setara

Have digunakan jika subjectnya adalah I, you, they, we, atau yang setara

Contoh soal:

1. They (live) … in New York since 2010.

Jawabannya adalah: have lived

Pembahasan: Dalam soal sudah jelas bahwa subject yang ditunjukkan adalah they, sehinggu penggunaan have diperlukan. Sementara itu, kata live memiliki bentuk verb 3 berupa lived.

Sehingga, jawaban yang tepat dalam melengkapi soal tersebut adalah: They have lived in New York since 2010.

2. My parents (visit, not) … me for 2 years.

Jawabannya adalah: have not visited

Pembahasan: Penggunaan subject yang berupa my parents menunjukkan bahwa terdiri dua orang, yaitu ayah dan ibu. Sehingga kata ganti yang tepat adalah they yang mana membutuhkan kata have setelah subject.

Sementara itu, kata kerja visit merupakan irregular verb yang mana hanya membutuhkan akhiran –ed dan berganti menjadi visited untuk verb 3 nya. Karena terdapat kata not dalam kalimat tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat negatif.

Sehingga jawaban yang tepat adalah: My parents have not visited me for 2 years.

3. … Sisca (know) … you?

Jawabannya adalah: Has-known

Pembahasan: Sisca merupakan kata ganti dari she, sehingga memerlukan has dalam mengawali kalimat tanya pada present perfect tense. Sementara kata know memiliki bentuk verb 3 yang berupa known.

Sehingga jawaban yang tepat adalah: Has Sisca known you?

Begitu guys, sampai sini sudah paham belum? Kalau belum, boleh kok komentar di bawah. Nanti bakal dibantu sama guru-guru bahasa Inggris kenalan Berprestasi. Semoga bermanfaat ya!