Fisika | Dinamika Partikel – Hukum Newton

Kalau pernah bermain bola, pernahkah terpikir kenapa bola itu bisa melaju, mempertahankan posisinya, dan berhenti? Hal ini dijelaskan secara detil dalam Dinamika Partikel dengan Hukum Newton, simak penjelasannya.

DEFINISI

Dinamika Partikel, apa sih itu sebenarnya? Secara sederhana sih, dinamika itu artinya pergerakan. Sementara partikel adalah benda. Jadi Dinamika Partikel itu materi yang membahas tentang penyebab pergerakan dari suatu benda.

Kalau masih terasa asing, waktu sekolah admin suka mengganti istilah sulit dengan kata-kata lucu. Untuk Dinamika Partikel, diganti dengan kalimat: DINA dan MIKA PARTY KELereng.

Jadi kebayang dua bocah pesta main kelereng sambil minum es teh plastikan sambil ada setelan musik Tektok (Kok jadi ngakak sendiri ya xD)

Balik lagi gengs, di dalam pembahasan Dinamika Partikel itu ada 3 hukum yang mengatur seluruh benda di alam semesta ini bergerak. Yaitu Hukum Newton I, II, dan III. Apa saja dan bagaimana masing-masing hukum berlaku?

HUKUM NEWTON

Hukum Newton adalah sebuah hukum yang menjelaskan kaitan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dengan pergerakan yang dihasilkannya. Ada 3 hukum yang berlaku saat sebuah partikel diberi gaya tertentu. Di antaranya:

Hukum I Newton
Meteor/asteroid, contoh gerak lurus beraturan pada Hukum Newton I

Hukum ini berbunyi seperti ini: Jika tak ada gaya apapun yang bekerja pada sebuah benda, atau dengan kata lain resultan gaya pada benda ialah nol, maka benda itu akan diam, atau bergerak lurus beraturan.

Apa maksudnya? Untuk memudahkan, kalau kamu punya bola coba amati. Kalau tidak diapa-apakan, apakah bola itu bakal bergerak? Jawabannya tidak, bola itu diam saja. Itu artinya benda yang kamu lihat mengikuti Hukum I Newton.

Coba kamu dorong atau tendang bolanya, apakah dia langsung berhenti? Jawabannya juga tidak, bola itu mempertahankan gerak lurusnya sampai jarak tertentu. Itu juga berarti bola itu mengikuti Hukum I Newton.

Hukum I Newton disebut juga dengan Hukum Kelembaman. Supaya gampang diingat, Hukum Kelembaman dirumuskan begini.

Rumus: ΣF = 0

Keterangan:

ΣF adalah resultan gaya yang bekerja pada benda

Hukum II Newton
Benda berat butuh gaya besar agar akselerasi lebih tinggi

Hukum ini berbunyi seperti ini: Percepatan yang dialami oleh suatu benda nilainya akan sama dengan resultan gaya dibagi massa benda itu.

Apa ini maksudnya? Bahasa mudahnya begini. Kalau kamu mau melempar bola supaya kecepatannya kencang, bagaimana caranya? Yang pertama, gaya lemparmu harus kuat. Cara kedua, bolanya jangan terlalu berat.

Coba aja bandingkan melempar bola bekel sama bola bowling, gimana hasilnya? Bola bekel yang ringan bisa terlempar kencang dengan gaya yang sedikit.

Kalau bola bowling yang berat, perlu gaya dorong jauh lebih banyak hanya untuk membuatnya menggelinding pelan di lantai.

Supaya gampang diingat, dirumuskanlah seperti ini.

Rumus: ΣF = ma

Keterangan:

ΣF : Resultan gaya yang bekerja pada benda (N)

m : Massa benda (kg)

a : Percepatan yang dialami benda (m/s2)

Hukum III Newton
Melakukan push up terasa seperti didorong naik oleh lantai

Hukum ini berbunyi seperti ini: Jika ada suatu aksi terhadap sebuah benda atau partikel, maka benda itu pun bakal memberikan reaksi dengan nilai yang sama, namun dengan arah yang berlawanan.

Bagaimana maksudnya? Sekarang bayangkan kamu memukul dinding di dekatmu (bayangkan saja ya, jangan beneran). Rasanya ternyata sakit, Padahal kamu yang memberi aksi meninju dinding, sementara dindingnya nggak bergerak,

Penjelasannya, rasa sakit itu terjadi karena ternyata dinding juga memberi reaksi pada tinjumu dengan besar gaya yang sama dengan arah berkebalikan dengan pukulanmu. Sehingga rasanya juga mirip seperti tanganmu ditinju orang lain.

Hal ini juga berlaku ketika kita melangkah dengan arah ke belakang, badan kita bergerak ke depan. Atau gerakan push-up yang menyebabkan badanmu naik, dan bukan lantainya yang terdorong.

Agar mudah, hukum ini dirumuskan begini.

Rumus: F(aksi) = -F(reaksi)

Begitu kawan-kawan, penjelasan mengenai Dinamika Partikel terkait dengan Hukum Newton. Sampai sini sudah paham konsepnya? Bila belum, kamu bisa menonton video penjelasannya di bawah ini.

Atau kalau masih kesulitan, kamu bisa cari guru les di kotamu dengan aplikasi Berprestasi. Setelah memilih guru yang kamu mau, nanti gurunya yang bakal menelpon kamu. Gampang kan? Link download di bawah ini yaa.

Download Aplikasi Berprestasi (Android)

Cari guru les di kotamu
Cari guru les di kotamu
Penjelasan Dinamika Partikel – Hukum Newton (Sumber: Youtube Berprestasi TV)

Artikel Terkait:

Fisika | Energi & Energi Potensial (Kelas 7 SMP)

Kecerdasan Majemuk: Berbagai Tipe Belajar Murid