Globalisasi Pendidikan

Kalau kita berbicara tentang pendidikan sebagian besar dari kita akan segera membayangkan tentang sekolah atau institusi lain yang resmi dibawah naungan kemendikbud, hal itu tidak sepenuhnya salah namun hal tersebut hanya mewakili sebagian kecil saja dari pengertian pendidikan itu sendiri. Pikiran sempit kita tentang pendidikan sebenarnya karena pengaruh budaya pendidikan yang tradisional. Salah satu pengertian pendidikan menurut saya secara pribadi adalah segala proses dimana kita mempelajari segala sesuatu dari tidak bisa menjadi bisa, dari kurang bisa menjadi lebih bisa atau dari tidak mengetahui menjadi mengetahui. Kalau melihat pengertian pendidikan seperti yang saya sebutkan diatas maka tidak bisa pendidikan hanya dibatasi oleh sebuah instansi baik resmi maupun nonresmi.

Pendidikan itu luas akan berkembang dalam kehidupan ini. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari sebuah objek yaitu “Ilmu”, ilmu sendiri akan terus berevolusi seiring dengan berkembangnya kehidupan di alam semesta ini dan pendidikan akan berusaha mengikuti ilmu tersebut. Suatu ilmu bisa tetap sama atau berubah sesuai dengan keadaan dunia yang semakin majemuk dan berkembang. Salah satu hal yang mempercepat berubahnya suatu ilmu adalah Teknologi.

Teknologi memang memberi dampak yang cukup besar terhadap perubahan cara dan sistem pendidikan dalam masyarakat. Kalau sebelum tahun 2000 masyarakat hanya mengetahui bahwa sumber ilmu hanya terdapat di bangku sekolah, saat ini sumber ilmu bisa ada di mana saja, khususnya ada dalam teknologi. Oleh karena itu sangat diharapkan agar kita tidak hanya menganggap bahwa pendidikan hanya ada di sekolah, pendidikan dapat dilakukan di mana saja saat ini. Anda dapat mencari proses pendidikan yang relevan di tempat dan waktu saat anda berada dan bahkan banyak ilmu yang harus anda pelajari untuk mendukung kehidupan anda dan celakanya tidak diajarkan di sekolah namun diajarkan oleh rekan kita, pimpinan kita, lingkungan kita.

Saat platfom Berprestasi ini dibangun, Saya berharap agar dapat menyebar luaskan ilmu lebih luas lagi kepada mereka yang membutuhkan. Mereka yang membutuhkan ilmu dapat belajar dari sumbernya yang beragam terutama manusia yang tepat dengan cara yang dapat dipahami dengan mudah tidak terbatas oleh ruang dan waktu lagi, dimanapun dan kapanpun saat anda mulai membutuhkan suatu ilmu anda akan mendapatkannya dengan segera.

author

Lukas Tanuwijaya

(CEO Berprestasi)