Ingin Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini? Ini Bisa Anda Coba

Setiap orang tua pasti menginginkan pertumbuhan dan perkembangan yang terbaik bagi putra-putrinya, tentu saja mereka menginginkan perkembangan yang baik untuk potensi bakat dan minatnya. Tapi bagaimana cara mengetahui bakat anak sejak sedini mungkin sehingga orang tua bisa mengembangkan potensinya secara maksimal? Tips berikut ini bisa Anda coba; 

  1. Memberikan berbagai macam mainan
    Jika Anda memiliki anak usia 1-4 tahun, maka cara terbaik untuk mengetahui kecenderungan bakatnya adalah dengan memberikan berbagai stimulus untuk kita analisa kecenderungannya. Berikan berbagai macam mainan untuk mengasah kemampuan pengenalannya. Tapi harus diingat bahwa akal anak belum sempurna, maka dia akan menyerap berbagai informasi yang diberikan orang tua, pilah lah mainan yang mengantarkan anak pada perkembangan yang optimal.
  2. Ciptakan banyak kegiatan yang menarik
    Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama orang tua akan menambah pengetahuan anak dengan berbagai macam informasi, dari sini anak akan memilah aktivitas mana yang sangat dia suka dan kuasai, terlebih orang tua mendampingi dan selalu memberi informasi, ini sangat baik untuk perkembangn pola pikir anak. Ajak beraktivitas di luar rumah juga untuk mengenalkan pada anak informasi-informasi yang lain.
  3. Pelajari pola main anak
    Ketika banyak aktivitas yang dicoba oleh anak, tentu dia akan memeliki kecenderungan tertentu, misal si anak suka sekali main bola, berarti motorik kasarnya cukup baik, jika si anak suka menghafal, maka potensi menyerap informasinya baik sekali, dari hal-hal ini bisa kita temukan mana minat dan bakat anak untuk kita kembangkan lebih baik lagi
  4. Biarkan anak memilih, kembangkan jika positif
    Nah, sebagai orang tua kita juga harus memetakan mana yang menjadi keinginan anak dan mana yang menjadi keinginan kita. Selama anak memilih aktivitas dalam koridor yang positif, maka tugas orang tua adalah senantiasa mendukungnya.

Baik, demikian hal-hal yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Temukan guru yang paling tepat untuk putra-putri Anda melalui laman berprestasi.com atau melalui aplikasi berprestasi, download segera di playstore dan temukan guru yang tepat.