5 Kesalahan di Sekolah Yang Siswa Lakukan!

Banyak dari kita terkadang tidak menyadari, kalau kita sering membuat kesalahan selama di sekolah dan baru sadar ketika sudah beranjak dewasa, tepatnya di usia 30 tahunan keatas. Bayangkan saja, ada kesalahan yang kita buat selama 12 tahun duduk di bangku sekolah guys, lama banget kan. Dan yang lebih gawat lagi, ternyata kesalahan ini malah dianggap sebagai suatu hal yang benar oleh beberapa orang.

Nah, simak 5 kesalahan yang tidak kita sadari selama bertahun-tahun di sekolah!

  • Nilai AKADEMIK adalah tujuan UTAMA anda bersekolah.

Nilai akademik yang di maksud adalah nilai rapot, nilai ujian, nilai kuis dan tugas di sekolah.

Kebanyakan dari kita yang menjadikan nilai akademik adalah tujuan utama dari bersekolah. Kebanyakan dari kita akan melakukan segala cara agar nilai bagus (peduli amat mengerti atau tidak mengerti).

Bahkan, bila perlu melakukan cara curang (seperti: membeli nilai ujian, ijazah atau meminta bocoran soal). Wah, parah ya gaes!

  • MENGHAFALKAN semua materi yang telah dipelajari.

Sebenarnya bagi kebanyakan orang menghafal lebh mudah dari pada harus mengerti, karena jika kita diharuskan mengerti sebuah topik pelajaran, maka kita harus melalui sebuah proses menganalisa dan memahami.

Jadi, otak kita dituntut untuk berpikir secara logis (Nah, ini yang biasanya siswa malas melakukannya). Akhirnya, segala sesuatu dihafalkan, bahkan matematika, fisika dan pelajaran eksak lainnya difahalkan juga. Bagaimana? Apa tidak sia-sia itu guys?

  • Malu atau takut bertanya agar terlihat pandai.

Beberapa dari kita terkadang tidak mengerti dengan penjelasan guru di sekolah, namun terkadang kita takut untuk bertanya, karena nanti dikira merepotkan guru tersebut atau malu nanti dikira oleh teman kalau kita bodoh banget sih.

Kamu harus tau guys! Justru sekolah adalah tempat untuk belajar, jadi kalau tidak mengerti wajar saja, namanya juga masih belajar dan kamu harus bertanya sepaya lebih mengerti. Selain itu, bertanya juga merupakan salah satu metode belajar paling efektif, lho!

Jadi, banyak bertanya itu bukan bodoh ya guys.

  • Meremehkan pelajaran lain, selain Matematika, Bahasa Inggris dan Fisika.

Tidak ada pelajaran yang lebih penting dari pelajaran lainnya. Semua tergantung dari sudut pandang kita.

Bagi Dokter, mungkin merasa Biologi lebih penting dari Matematika. Bagi Penyanyi, pelajaran Seni Musik akan jauh lebih penting dari Bahasa Inggris. Bagi Atlet, mugkin yang lebih penting bagi dirnya adalah pelajaran Olahraga dan Biologi.

Sambil berdoa ya guys, semoga akan ada pelajaran Gaming, karena sekarang sudah ada E-Sport dan bahkan bisa menjadi profesi kedepan, asyik kan guys!

  • Tidak mau berteman

Hal ini bukan berarti kamu mengorbankan prestasi di sekolah demi teman lho. Tapi sebaliknya, justru anda harus memperbanyak teman yang positif agar kamu semakin berprestasi.

Karena tidak bisa dipungkiri di kemudian hari, yang akan tetap bersamamu adalah teman baikmu di sekolah. Siapa tau, nanti teman baik disekolahmu itu yang akan membantu dirimu saat ada masalah di kemudian hari.

Oleh karena itu, di masa sekolah ini, kamu bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan banyak teman. Kalau gak percaya, tanyakan aja sama kakak-kakak yang sudah bekerja. Mereka pasti tahu kalau masa sekolah merupakan masa yang paling banyak teman.

So, cari teman positif yang banyak ya guys!

Nah, itu tadi adalah 5 kesalahan yang terlihat benar saat kita sekolah dan bahkan sudah menjadi keharusan untuk melakukan itu bagi beberapa dari kita.

So, diperbaiki ya guys, kalau kamu melakukan ini terus, takutnya masa sekolah yang kamu alami saat ini akan menjadi kurang berarti bagimu.

Kalau kalian punya pikiran lain dari artikel ini, kalian bisa saling berbagi pendapat kalian di kolom komentar di bawah ya!

Salam Berprestasi!