Menarik, 4 Jurusan Kuliah Teknik Ini Justru Diminati Perempuan

Tidak selamanya jurusan teknik menjadi ranah kaum adam. Ternyata ada juga beberapa jurusan teknik yang diminati perempuan.

Memang tidak mudah bagi kaum hawa meminati jurusan teknik. Berbagai alasan muncul dimulai sterotipe anggapan jurusan teknik terlalu “macho” bagi perempuan, takut menjadi minoritas, atau khawatir tidak memiliki teman perempuan.

Jangan khawatir, tidak semua jurusan teknik selalu didominasi para mahasiswa. Ternyata ada juga loh jurusan teknik yang tetap diminati dan bahkan didominasi mahasiswi.

Mau tahu apa saja jurusan teknik yang menarik dan didominasi perempuan? Merangkum berbagai sumber, berikut 4 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah jurusan yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis, kedokteran, sains dan juga kesehatan.

Teknik Biomedik juga melibatkan pelajaran seputar Biologi dengan mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/bagian tubuh manusia yang mengalami sakit.

Baca juga: Bener nggak sih 7 Jurusan Kuliah ini Terkesan Cewek Banget

Jurusan Teknik Biomedik ini cocok disukai perempuan karena selain mempelajari dunia biomedis, tetapi juga mempelajari ilmu kedokteran. Nantinya kamu para perempuan akan mendapatkan mata kuliah Biokimia, Fisiologi Manusia untuk Teknik, Anatomi Manusia untuk Teknik, Analasis Biomaterial, Sistem Rekam Medis, Kalkulus, dan Biofotonik.

Universitas memiliki jurusan Teknik Biomedik: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Air Langga.

Prospek kerja jurusan Teknik Biomedik: Tenaga Ahli Mitra Layanan Kesehatan, Tenaga Peneliti Pengembangan Bahan dan Sarana Layanan Kesehatan, dan Penganalisis Biologi dan Bahan Kimia.

2. Teknik Grafika

Jurusan Teknik Grafika merupakan jurusan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten dalam bidang jasa seperti pelaksaan grafika, penerbitan, dan percetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Jurusan ini cocok untuk dipilih oleh perempuan yang senang dengan menggambar, menulis ataupun seputar percetakan. Jurusan ini sangat digemari perempuan yang ingin nantinya bisa menghasilkan buku karya sendiri dengan hasil cetakan pribadi, dan ingin menjadi pebisnis bidang percetakan seperti majalah, koran, dan tabloid.

Nantinya kamu akan mendapatkan mata kuliah seputar Kimia Grafika, Fisika Terapan, Ilmu Bahan Grafika, Mekanika Teknik, Psikologi Industri, Statistika Industri dan masih banyak lagi.

Universitas memiliki jurusan Teknik Grafika: Universitas Sahid Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Sekolah Tinggi Media komunikasi Trisakti, Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, dan Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar.

Prospek kerja jurusan Teknik Grafika: Tenaga Pengajar, Penerbit Majalah, Biro Iklan, Kehumasan, Penerbit Buku, Pembisnis Percetakan, dan Penerbit Surat Kabar.

3. Teknologi Pangan

Teknologi Pangan merupakan jurusan mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang dapat berefek pada tubuh manusia.

Teknologi pangan juga mempelajari bagaimana cara teknologi pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga produk makanan aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen.

Jurusan Teknologi Pangan sangat cocok buat kamu para perempuan yang suka dengan bidang gizi serta seputar makanan-makanan sehat. Tidak bisa menjadi koki atau chef, kamu tetap bisa jadi tenaga ahli gizi dari suatu hasil masakan yang dibuat oleh koki atau chef loh.

Pelajaran yang nantinya kamu akan dapatkan, yaitu Kimia Pangan, Mikrobiologi Pangan, Biokimia Pangan Dasar, Prinsip Teknik Pangan, Teknologi Pengolahan Pangan, Jaminan Mutu Pangan dan sebagainya.

Universitas memiliki jurusan Teknik Pangan: Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Brawijaya, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Sahid Jakarta, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret dan masih banyak lagi.

Prospek kerja jurusan Teknik Pangan: Tenaga Ahli Kualitas Kontrol Pangan, Teknisi Ilmu Pangan, Ahli Teknologi Rasa, Manajer Kontrol Kulitas Sistem, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan, Staf BPOM dan Tenaga Pengajar.

4. Teknologi Industri Cetak Kemasan (TICK)

Jurusan ini ada kaitannya dengan jurusan Teknik Grafika. Hanya saja Teknologi Industri Cetak Kemasan seperti namanya, fokus pada cetak dan kemasan. TICK bertujuan menghasilkan lulusan memiliki pengetahuan teoritis dan praktis dalam bidang kemasan berbasis teknologi, adaptif pada perkembangan teknologi cetak kemasan.

Jurusan ini digemari para perempuan yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi. Ingin punya usaha dengan hasil kemasan cetakan karya pribadi, kamu bisa pilih pada jurusan ini. Sudah memiliki hasil barang dan jasa sendiri, lalu kemasannya juga buatan pribadi, hebat bukan?

Pelajaran kamu akan dapatkan, yaitu Fisika Terapan, Kimia Terapan, Pengetahuan Teknologi Cetak, Modul tentang Bahaya dan Keamanan Kemasan Makanan dan Minuman, Material Logam, Gelas, Kayu dan Tutup Kemasan, Material Plastik, Material Kertas dan Karton, dan Pengujian Material dan Kualitas Kemasan.

Sayangnya universitas menyediakan jurusan ini baru terdapat di Politeknik Negeri Jakarta.

Prospek kerja jurusan Teknologi Cetak Kemasan: Research and Development Supervisor, Sales Executive Printing and Packaging, Printing and Packaging production Supervisor, Packaging Development, dan Wirausaha.

Dari 4 jurusan teknik untuk kamu para perempuan, mana yang sesuai dengan minat kamu?

Sumber: Kompas.com