Menjadi Pemenang Hari Ini dan Nanti

Siapa diantara kalian yang bercita-cita ingin menjadi pemenang? Tentu kita semua menginginkannya. Tapi bagaimana caranya? 

Maka harus dipahami terlebih dahulu apa definisi dari pemenang supaya tujuan tersebut bisa teraih. 

Menang artinya unggul daripada yang lain. Sekarang petakan, kita mau unggul di bagian apa? Tentu harus kita kolomkan pada kolom positif, sebab unggul dalam keburukan bukan menang namanya, tapi pecundang. 

Katakanlah kita ingin menjadi ranking 1 di kelas, jadikan itu sebagai target. Sekarang kita breakdown langkah praktisnya. 

1. Petakan jadwal 

​​​​​​Buat kerangka tujuan, kalau ingin dapat ranking 1 di kelas tahun ini, tentu kita punya 2 semester untuk berupaya. Dari 2 semester tersebut bagi menjadi target bulanan. Misal, semester 1 target ranking 1, maka nilai UTS, UAS dan tugas harus bagus. Bagi menjadi 6 bulan, tiap bulan buat rancangan. Dan dalam 1 bulan bagi jadi 4 minggu, dari 1 minggu tersebut bagi menjadi kegiatan harian. Senin – belajar apa, Selasa – les apa, dst. Sehingga target yg kita raih bisa kita praktekkan secara terperinci

2. Lakukan

Setelah memetakan jadwal, maka lakukan jadwal tersebut tiap hari. Pastikan sesuai dengan rencanamu. Bagaimana kalau tidak sesuai? Tenang tenang… Itu wajar, karena dunia ini dinamis. Asal tidak terlewat jauh dari target harian kita itu tidak masalah. 

3. Evaluasi

Jangan lupa melakukan evaluasi setelah kita menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Petakan mana yang harus kita perbaiki dan mana yang sudah baik. Evaluasi ini penting supaya progres kita bukan melebar, tapi terus maju ke depan. 

4. Menerima Hasil

Setelah berbagai upaya di lakukan, plus doa tentu saja, hasil yang kita terima adalah pemberian Tuhan. Itu hadiah untuk kita, berapapun hasilnya syukuri dan evaluasi 🙂

Sebab manusia terbentuk dari proses yang membentuk dirinya. Jika engkau membentuk dirimu menjadi pemenang dengan cara-cara yang benar, biarpun hasil yg kau capai tak kau rasa memuaskan, yakinlah bahwa proses yang kau lalui itu menjadikanmu pemenang sejati. 

Hasil yg bagus dengan proses yg culas tidak akan pernah mengantarkanmu penjadi pemenang, baik hari ini ataupun nanti. Sebab proses yang kau lalui menjadikanmu pecundang. Tak kan pernah menjadi pemenang. 

Maka, menjadi pemenang baik kini ataupun nanti bergantung pada proses yang kau lalui. Jalani dan tersenyumlah. Lihatlah kelak didepan kaca, jadi apa kamu nanti, pemenang sejati?