Kenapa Kita Harus Sekolah?

“Bangun tidur – mandi – sarapan – sekolah – ngerjain PR – istirahat – main”

Sejak kecil, kita selalu dihadapkan dengan rutinitas. Rutinitas sekolah contohnya. Tapi, pernah gak sih terlintas di pikiran kalian, “Kenapa Aku harus sekolah?”.

Semua hal yang ada di dunia ini pasti memiliki penjelasan, begitupun dengan pertanyaanmu.

Sebuah pepatah mengatakan “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri China”. Pepatah tersebut seolah menggambarkan betapa pentingnya sekolah untuk diri kita.

Ada beberapa hal yang harus kamu pahami guys mengenai pentingnya sekolah untuk diri kita.

Membentuk Karakter

Melalui sekolah, kamu akan mendapatkan pendidikan budi pekerti, agama dan lainnya yang akan memberikan dirimu pelajaran tentang nilai, norma dan kesponan dalam bertindak di segala situasi. Melalui pendidikan itulah karakter dirimu dapat terbentuk agar kelak ketika dewasa, dirimu telah memahami hal-hal yang baik dan buruk untuk dilakukan.

Karakter diri yang kuat, akan baik untuk masa depan dirimu dan bangsa kelak.

Mendapatkan Wawasan Pengetahuan

Ini dia nih guys hal terpenting yang kamu akan dapatkan ketika sekolah, mendapatkan pengetahuan.

“Loh kan, untuk mendapatkan wawasan tidak harus duduk diam di bangku sekolah. Bisa saja dilakukan di luar sekolah?”

Ya, hal tersebut juga benar. Namun, ketika dirimu  bersekolah, dirimu akan mendapatkan rangkaian pelajaran yang telah tersusun melalui kurikulum tertentu. Sehingga kamu dapat menerima materi pelajaran dengan baik.

Dengan bersekolah, pola pikir dan pikiranmu akan jauh lebih terbuka. Hal tersebut dikarenakan saat menjalani aktivitas di sekolah, otak akan dipacu untuk bekerja dengan aktif dan kreatif serta kritis.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat belajar hal-hal baru diluar sekolah juga loh guys, agar tidak bosan belajar di sekolah saja. Kamu dapat mengunjungi meseum, kebun binatang, taman rekreasi dan tempat-tempat edukatif lainnya seperti perpustakaan contohnya.

Interaksi Sosial

Bersekolah mengharuskan kita untuk bertemu dengan banyak teman dan guru. Hal tersebut dapat memicu terjadinya interaksi. Interaksi baik dilakukan, mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang tak lepas dari aktivitas bersosialisasi dengan orang lain.

Bermain, belajar bersama, melakukan tugas kelompok bersama dan melakukan hal-hal lainnya secara bersama-sama dapat meningkatkan hubungan yang baik antar manusia. Kita akan dapat belajar cara mengontrol emosi, berkomunikasi dengan baik bersama orang lain dan beragam manfaat lainnya.

Bukan tidak mungkin, kamu juga akan mendapatkan sahabat yang dapat mengerti dirimu apa adanya ketika dirimu menjalani aktivitas sekolah.

Tuh kan, sekolah itu gak ada ruginya guys! Di masa pandemi seperti ini, kalian jadi kangen sekolah gak sih guys?

Kalau menurut pendapat pribadimu, manfaat apalagi sih guys yang kamu dapatkan ketika bersekolah? Sampaikan opinimu di kolom komentar ya guys!

Salam Berprestasi!