Perkara Belajar Online: Ada Sisi Positifnya!

Pandemi covid-19 atau virus Corona telah membawa dampak yang cukup signifikan bagi keberlangsungan kehidupan manusia saat ini di seluruh dunia.

Terlebih di Indonesia, kondisi kehidupan masih belum normal sepenuhnya. Aktifitas ekonomi, sosial, hingga pendidikan yang akhirnya mengharsukan siswa-siswi sekolah belajar online a.ka. daring.

Hingga kini (8/9/2020) masih cukup banyak sekolah baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih beralih menggunakan pembelajaran dengan sistem daring.

Pembelajaran sistem daring mengharuskan siswa-siswi sekolah untuk belajar dari rumah dengan sambungan perangkat dan internet yang memadai. Perangkat smartphone atau komputer dan paket internet merupakan hal wajib yang harus dimiliki.

Tak jarang, terdapat beberapa kendala selama proses pembelajaran daring berlangsung. Seperti sinyal atau koneksi internet yang tidak stabil, paket internet yang boros, hingga perangkat baik smartphone maupun laptop yang kurang memadai untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

Terlepas dari banyaknya kendala yang dihadapi saat menjalani belajar daring dari rumah, mari kita lihat sisi positifnya, sehingga kita dapat senantiasa berdamai dengan kondisi dan situasi yang hingga kini belum ada kepastian.

Sisi Positif Belajar Online dari Rumah

Dari sisi anak, belajar online dapat membuat anak menumbuhkan pemahaman arti “kebersamaan” bersama teman-teman. Sebelum corona datang merajelala, khususnya di Indonesia, kita dihadapkan dengan kondisi belajar bersama secara tatap muka di kelas dan sekolah masing-masing.

Jika sebelumnya, telah terbiasa melakukan segala aktivitas, baik belajar, kerja kelompok secara bersama-sama dengan teman-teman dan guru yang membimbing. Maka kini, kondisi di belajar di rumah secara daring membuat banyak siswa-siswi belajar secara individu dan hanya didampingi oleh orang tua.

Belajar menghargai waktu. Kita tentu telah terbiasa melakukan segala sesuatu dengan berpatokan pada bel sekolah. Namun, ketika belajar daring dari rumah, tidak akan ada lagi bel sekolah yang biasa kita dengar.

Kita sendirilah yang menjadi penentu waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas dan belajar daring dari rumah.

Menjadi mandiri. Belajar daring membuat kita dapat mencari referensi materi serta laithan soal secara mandiri di internet melalui sumber yang kredibel, baik melalui video, gambar, maupun e-book.

Selain itu, kita dapat belajar mengenai disiplin dan tanggung jawab, tidak hanya terhadap tugas-tugas sekolah, namun juga disiplin dan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang ada dirumah.

Dimulai dari bangun tidur dengan merapikan tempat tidur, sarapan, hingga menyelesaikan tugas sekolah secara mandiri dan membantu orang tua untuk mengurus rumah.

Belajar daring juga dapat menghemat waktu. Jika belajar secara tatap muka disekolah membutuhkan waktu untuk pergi dari rumah ke sekolah, maka dengan belajar daring, anak tidak akan menghabiskan waktunya di perjalanan untuk sekolah.

Disiplin menjadi kunci utama untuk melakukan belajar daring dari rumah.

Jika dilihat dari sisi biaya, maka belajar daring cukup memerlukan perangkat dan koneksi internet. Biaya seperti kebutuhan fotokopi untuk lembar tugas atau modul pun terpangkas.

Jika dilihat dari sisi orang tua, diharapkan orang tua dapat lebih mengenal kemampuan serta potensi yang dimiliki oleh si anak agar dapat diasah. Belajar daring dapat menumbuhkan hubungan komunikasi yang lebih erat antara orang tua dan anak.

Menjaga kontak sosial antara kita dengan orang lain. Poin utama dari belajar daring selama masa pandemi COVID-19 ini adalah terhindar dari orang lain secara langsung. Dengan menerapkan belajar daring di rumah, potensi tertular terhadap virus Corona akan menjadi minim serta potensi untuk menularkan dan tertular virus Corona menjadi minim.

Tidak hanya di Indonesia, pembelajaran daring pun terjadi di berbagai belahan dunia. Berbagai macam insitusi pendidikan gencar melakukan inovasi pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan untuk digunakan

Melalui beragam manfaat yang bisa kita dapatkan saat belajar daring, siapkah kamu untuk belajar online dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki?

Kini ada alternatif baru belajar online untukmu biar terus semakin Berprestasi. Download Aplikasi Berprestasi di smartphone-mu melalui Google Play dan temukan guru les profesional dalam genggamanmu melalui fitur My Private Tutor.

Kamu akan dibantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR), hingga akses ratusan video pembelajaran menarik yang dapat kamu akses gratis dan latihan persiapan ulangan melalui tes kompetensi.

Tunggu apalagi, yuk download supaya dapat terus Berprestasi!