Fakta Sejarah Palang Merah Indonesia

Tanggal ini, tepat pada 17 September diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia (PMI). Ternyata, dibalik tanggal tersebut, tercatat sejarah yang panjang loh guys tentang PMI sejak zaman kolonial Belanda.

Terbentuk Sejak Perang Dunia II


Menilik catatan sejarah, PMI telah terbentuk sejak Perang Dunia II oleh Pemerintah Belanda yang berkuasa pada saat itu.

Pada zaman tersebut, palang merah yang didirikan oleh Belanda, bernama Nederlandsche Roode Kruis Indie atau dapat disingkat (NERKA). Namun sayang, ketika Jepang mulai menduduki wilayah Indonesia, di mana pada zaman saat itu Indonesia masih dikuasai oleh Belanda, NERKA pun dibubarkan.


Sejarah Palang Merah tidak berhenti di situ. PMI kembali bangkit berkat Dr. R. C.L Senduk & Dr. Bahler Djohan sebagai pelopor pendirian Palang Merah Indonesia (PMI).


Pemuda dan kalangan terpejar Indonesia saat itu sangat mendukung adanya pembentukan PMI nih guys!


Upaya pembentukan PMI sempat terhalang bekali-kali oleh pemerintah tentara jepang dan beberapa pihak lainnya. Namun, usaha tidak akan mengkhianati hasil.


Presiden pertama RI, Soekarno pada 3 September 1945 memerintahkan Mneteri Kesehatan RI, Dr Boentaran untuk membentuk badan Palang Merah Indonesia (PMI). Beberapa orang panitia dan anggota panitia pun disusun demi terbentuknya PMI.


Panitia dan anggota panitia tersebut diantaranya Dr. R. Mochtar (Ketua), Dr Bahder Djohan (Penulis), Dr. R. M. Djoehna Wiradikarta, Dr. Sitanala dan Dr. Marzuki.


Secara resmi, PMI lahir pada 17 September 1945 dengan ketua PMI kala itu adalah sekaligus Wakil Presiden RI, Drs. Moh. Hatta.


Pada tahap awal, PMI berkontribusi untuk memberikan bantuan kepada korban perang dalam rangka upaya kemerdekaan Indonesia. Menilik UU No. 5, tugas utama dari PMI ialah untuk membantu pemeirntah Indonesia dalam bidang kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sesuai dengan syarat yang terkandung dalam ketentuan konvensi-konvensi Jenewa tahun 1949 yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958.

Jadi, udah paham kan guys sekarang, kalau PMI terbentuk melalui sejarah yang panjang dan melalui proses yang berliku.