Yeay! Sekolah di Wuhan Resmi di Buka

Selasa 1 September 2020 merupakan hari bersejarah bagi siswa-siswi sekolah di Wuhan, China. Pasalnya sekolah di Wuhan resmi di buka.

Dikutip dari Kompas.com (29/8/2020) pemerintah Wuhan telah resmi membuka sebanyak 2.842 sekolah dari beragam institusi pendidikan, setelah sebelumnya ditutup akibat merebaknya kasus Covid-19 yang tinggi di kota tersebut.

Selain jenjang sekolah menengah, pemerintah Wuhan juga membuka sebanyak 83 Perguruan Tinggi. Pelaksanaan perkuliahan secara tatap muka atau offline tersebut dilakukan secara berkala.

Dibukanya kembali sekolah dan sistem belajar tatap muka oleh pemerintah Wuhan merupakan salah satu bentuk pernyataan pemerintah Wuhan kepada dunia, bahwa Wuhan telah berhasil melawan virus Covid-19.

Namun begitu, pemerintah Wuhan telah menyiapkan sederet rencana darurat jika pelaksanaan pembukaan sekolah di Wuhan menyebabkan risiko penularan Covid-19 kembali meningkat.  

Selain itu, para siswa di Wuhan juga disarankan agar tetap menggunakan masker serta rajin mencucui tangan dan meminimalisir penggunaan kendaraan umum agar terhindar dari kontak langsung dengan individu lainnya di tempat umum.

Pertemuan dalam skala besar atau secara massal pun masih belum diperkenankan untuk dilakukan. Pemerintah juga memerintahkan kepada pihak sekolah untuk melakukan sesi latihan persiapan wabah baru bagi para siswa sekolah.

Media pemerintah di China pun menunjukkan antusiasmenya terkait dibukanya kembali sekolah di Wuhan. dengan cara menayangkan gambar rutinitas harian siswa di sekolah umum, yaitu mengibarkan bendera nasional mereka.

Pembukaan kembali sekolah di Wuhan merupakan langkah yang cukup beresiko, mengingat sebelumnya, kota Wuhan telah dikarantina berbulan-bulan akibat lonjakan penularan virus Covid-19 dan jumlah kematian yang tinggi, yaitu sebesar 3.869 jiwa.

Hingga kini, Wuhan terus berbenah dan berusaha untuk menerapkan new normal atau hidup normal secara berkala agar dapat diakses oleh publik.

Wah, jika sekolah di Wuhan sudah mulai dibuka dan kehidupan di sana sudah berangsur pulih dan membaik, apa kabar dengan kondisi siswa-siswi di Indonesia kedepan, yang saat ini masih melangsungkan pembelajaran jarak jauh secara online, ya?

Share dong guys di kolom komentar! harapan kalian agar sekolah-sekolah di Indonesia cepat di buka…