Skill Wajib Dimiliki Generasi Z

Hadirnya robot untuk membantu produktivitas manusia di era moderen saat ini telah mengancam pekerjaan manusia. Oleh karena itu, supaya tidak kalah dengan kecanggihan yang dimiliki robot, sudah seharusnya, khususnya para generasi Z mengasah dan meningkatkan keahlian untuk bersaing dan bertahan hidup.

Generasi Z merupakan generasi yang lahir diantara rentang tahun 1995 hingga 2000 dan cukup akrab dengan penggunaan teknologi dan terbiasa beraktivitas secara multitasking (mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu yang sama).

Generasi Z yang kini telah beranjak dewasa harus berupaya untuk mengasah hard skill nya secara berkala. Mengasah hard skill adalah salah satu upaya yang dapat kita lakukan jika tidak mau tertinggal oleh zaman, khususnya pada era industri saat ini, era industri 4.0.

Berbicara bahasa asing

Sejak kecil, tentu kamu telah diajarkan bahasa Ibu, yaitu Bahasa Indonesia sebagai komunikasi antar manusia di negara Indonesia. Namun, akan lebih baik lagi, jika kamu dapat menguasai bahasa lain, selain Bahasa Indonesia.

Dikutip dari artikel ef.co.id, kamu dapat mempelajari bahasa selain Bahasa Inggris, yaitu Bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin telah digunakan sekitar 983 juta orang di seluruh dunia. Wah, banyak banget ya guys!

Bahkan, ketika kamu ingin sukses berbisnis dalam skala internasional, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang dapat mengantarmu dalam kesuksesan.

Hal tersebut dapat terjadi, karena nyatanya sebagian besar bisnis berkelas internasional dikuasai oleh orang Tiongkok.

Hal tersebutlah yang akhirnya menyebabkan bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang wajib kamu pelajari selain bahasa inggris. 

Alternatif lainnya jika dirimu tidak ingin belajar bahasa Mandarin, kamu dapat mulai mempelajari bahasa Jerman, Arab, Jepang dan bahasa lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Kemampun analisis dan riset

Kemampuan melakukan penelitian untuk memecahkan suatu persoalan tertentu menjadi hal yang dibutuhkan saat ini dalam beberapa bidang pekerjaan.

Penelitian sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena berhubungan dengan perencanaan perusahaan baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Selain itu, penelitian juga dapat digunakan untuk mendukung jalannya perusahaan di masa depan agar dapat terus berkembang.

Penggunaan Software

Era serba digital saat ini menuntut kamu untuk melakukan segala hal menggunakan perangkat digital pula untuk dapat menyelesaikan pekerjaan.

Dengan menguasai beberapa software, maka dirimu akan mendapatkan nilai plus saat bekerja.

Sebagai contoh, jika kamu merupakan siswa sekolah kejuruan (SMK) Multimedia, maka penguasaan software desain dan sejenisnya tentu menjadi suatu kewajiban, agar ketika lulus kamu siap terjun dalam dunia kerja sesuai skill yang telah kamu semasa sekolah.

Berfikir Kritis

Berfikir kritis merupakan salah satu skill yang tidak dapat ditemukan dalam robot. Berfikir kritis merupakan skill yang sangat dibutuhkan di era serba digital seperti saat ini.

Dengan berfikir kritis kita akan dapat memecahkan suatu permasalahan dengan lebih solusi yang tepat dan detail.

Kecerdasan Emosional

Pintar secara akademis belumlah cukup, kecerdasan emosional turut serta menyumbang kesuksesan seseorang loh guys!

Dikutip dari inet.detik.com belum tentu orang yang selalu menjadi juara kelas di sekolah akan turut sukses di dalam kehidupan nyata.

Kecerdasan emosional akan menjadi penentu kehidupan seseorang, karena kehidupan akademis dapat dikatakan cukup berbeda dengan kehidupan nyata yang sesungguhnya.

Jadi, gimana guys? sudahkah dari kalian memiliki beberapa diantara skill di atas? Yuk semangat asah terus skill yang dimiiliki!