Tips Belajar Bahasa

Apabila kamu memahami bahasa suatu kaum, maka kamu seolah menguasai kaum itu. –pepatah

Pepatah itu tidak salah, sebab ketika kamu menguasai bahasa, maka dengan mudah kamu berkomunikasi dengannya, memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka dan mereka pun memahami apa yang menjadi kebutuhanmu. 

Apalagi di era cepatnya informasi, travelling semakin mudah, bersekolah di luar negeri menjadi hal yang biasa. Maka bahasa mutlak diperlukan. Susah nggak sih belajar bahasa? Not at all, buddy!! It’s so easy! 

Kalau kamu serius, bahkan dalam 30 hari kamu bisa fasih menguasainya. Benarkah? Bagaimana caranya? Beberapa tips berikut bisa kamu coba:

1. Kuatkan alasan

Kamu harus punya strong why untuk melakukan segala sesuatu, kalau kamu nggak punya alasan kenapa harus belajar bahasa maka kamu akan sangat kesulitan dalam prosesnya. Sama halnya dengan ketika misalnya kamu sedang berjalan-jalan, lalu tiba-tiba seseorang yang asing menghampirimu lalu menyuruhmu membelikannya cabe. Apakah kamu akan melaksanakan? Tentu kamu akan ragu dan bertanya-tanya. Tapi berbeda jika yang memanggil kita adalah ibu kita, bersegera kita melaksanakannya sebab ada perintah berbakti pada orang tua. Inilah kenapa kita butuh jawaban dari ‘kenapa saya mau belajar bahasa?’ Pertanyaan tersebut harus terjawab. 

Misal, alasan kenapa kita belajar bahasa adalah karena kita akan sekolah di negara tersebut, atau kita akan travelling di negeri tersebut atau bahkan akan tinggal disana. Alasan paling kuat yang membuat kita cepat memahami adalah karena kita tinggal di negeri tersebut, jadi ya mau tidak mau harus bisa berbahasa 😀

2. Banyakkan kosakata

Cara paling cepat bisa conversation adalah ketika kita kaya akan kosakata, sebagaimana waktu kita kecil dulu. Ketika kita masih belum bisa bicara, menulis dan membaca, apa yang orang tua ajarkan pada kita? Yup, mengenal benda, menambah kosakata. Sebab dalam kehidupan sehari-hari, rumus bahasa kadang sering terabaikan, tapi kalau kita punya kosakatanya, orang lain bisa memahami kita dengan mudah walau rumus bahasa kita hancur tidak karuan.

Tips menambah kosakata bisa dengan nonton film, membaca buku bahasa tersebut, mendengar musik dengan lirik bahasa tersebut dan mengucapkannya sehari-hari. 

3. Pelajari tatanan bahasanya

Sembari memperkaya kosakata, memang perlu juga untuk memahami tata bahasanya, kapan suatu kata dipakai di masa lalu, masa kini atau nanti. Atau kata apa yang tepat pada suatu kondisi tapi tidak tepat di kondisi yang lain walaupun arti katanya sama. Ini juga penting untuk menghindari miss komunikasi. 

4. Praktekkan

Nah, banyak orang yang merasa cukup dengan memahami bacaan, tapi ketika mendengar tidak paham, ketika bicara tidak fasih. Maka penting melatih diri. Pelatihan paling mantap adalah ketika kita dikelilingi oleh native speaker sendiri, jadi mau nggak mau ya harus ngomong hehe..

Nah.. Jadi begitulah tips untuk menguasai bahasa. Semoga bisa menjadi referensi kawan semua. Kalau teman-teman butuh guru untuk melatih diri kalian dalam berbahasa, kami punya solusinya. Temukan guru yang paling cocok denganmu melalui aplikasi berprestasi. Download aplikasi BERPRESTASI di playstore. Tanya tentang pelajaran sepuasmu, GRATIS!!!! 
Download sekarang! Belajar jadi mudah!