Apa yang Sesungguhnya Terjadi Saat Kita Bermimpi?

Setiap dari kita tentu pernah merasakan yang namanya bermimpi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mimpi merupakan sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Namun, pernahkah kalian berpikir, apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh kita ketika kita bermimpi?

Nah, kita telusuri yuk!

Keadaan Tubuh Ketika Bermimpi

Jadi, saat kita tidur, ternyata tidak seluruh organ dalam tubuh kita beristirahat. Saat kita tertidur, otak kita masih bekerja dan tidak sepenuhnya beristirahat.

Saat tertidur dan bermimpi, kita melewati 4 siklus. 4 siklus tersebut diantaranya M1 (tidur ringan), M2 (tidur sedang), M3 (tidur dalam) dan tahap R (REM atau Rapid Eye Movement).

Saat berada di kondisi REM atau Rapid Eye Movement, otak serta sistem tubuh masih dalam keadaan aktif bekerja, namun kondisi tubuh kita menjadi rileks.

Saat keadaan tubuh rileks tersebutlah, kita dapat mengalami bermimpi saat tidur. Mimpi yang dialami dapat bermacam-macam. Memori baru atau kenangan lama dapat seketika muncul saat bermimpi.

Dikutip dari CNN Indonesia (5/1/2015), Andreas Prasadja, dokter spesialis kesehatan Rumah Sakit Mitra Kemayoran menjelaskan bahwa ketika manusia tidur, ia akan mengalami setidaknya empat hingga enam kali mimpi. Namun, tidak semua orang akan mengingat mimpi yang mereka alami saat mereka terbangun dari tidurnya.

Namun, pernahkah kalian susah mengingat pengalaman mimpi kalian sewaktu tidur?

Kita semua pasti pernah merasakan hal tersebut. Pengalaman tersebut dapat terjadi karena ketika kalian dalam kondisi tertidur dalam tahap REM yang tidak berlangsung normal.

Susah Mengingat Mimpi Semalam

Ketika tahap REM terjadi, maka kinerja otak, nafas serta detak jantung akan bekerja lebih aktif dan cepat. Peralihan tahap tidur satu dengan tahap tidur lainnya pun dapat menjadi alasan mengapa kalian susah mengingat kembali mimpi kalian semalam.

Nah, jadi sudah terjawab ya guys! Apa yang terjadi pada tubuh kita saat kita bermimpi. Kalau kamu, punya pengalaman mimpi yang aneh dan menegangkan gak sih guys? Ceritain pengalaman mimpimu di kolom komentar yuk..